Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Membaca Strategi Asing di Balik Manuver OPM

08-10-2015 | 11:11 WIB

Oleh: Sumitro Husada

ORGANISASI Papua Merdeka merupakan gerakan separatis yang mengancam kedaulatan dan keutuhan wilayah Republik Indonesia. Mereka melakukan dengan cara-cara sangat ekstrim dalam memecah Provinsi Papua dan Papua Barat keluar dari Pemerintahan Indonesia. Cara-cara ekstrim seperti pemberontakan yang dilakukan oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat. Pembentukan sayap militer ini jelas menjadi ancaman bagi keamanan negara.

Pancasila di Tengah Kepungan Isme-Isme dan LGBT

07-10-2015 | 11:55 WIB

Oleh: Toni Ervianto*

SETIAP 1 Oktober, kita sebagai bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Kesaktian Pancasila, sebagai momen bersyukur bangsa ini yang terhindar dari perpecahan dalam negeri, karena ada Pancasila sebagai ideologi pemersatu. Berbicara tentang ideologi negara, maka kita tidak dapat main-main dan harus serius memikirkannya, apalagi di era saat ini yang marak dengan proxy war. Ideologi tidak boleh hanya menjadi wacana, namun ideologi harus dapat menjadi nilai dan membentuk karakter bangsa.

UU Rahasia Nengara di Tengah Kebablasan Demokrasi

06-10-2015 | 10:28 WIB

Oleh: Siti Fauziah*

RAHASIA negara merupakan informasi, benda, dan/atau aktivitas yang secara resmi ditetapkan dan perlu dirahasiakan untuk mendapat perlindungan melalui mekanisme kerahasiaan, yang apabila diketahui oleh pihak yang tidak berhak dapat membahayakan kedaulatan, keutuhan, keselamatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan/atau dapat mengakibatkan terganggunya fungsi penyelenggaraan negara, sumber daya nasional, dan/atau ketertiban umum, yang diatur dengan atau berdasarkan Undang-Undang ini.

Ada Penghela Kepentingan Asing di Masela

05-10-2015 | 12:45 WIB

Oleh : Engkus Munarman)*

SILANG PENDAPAT pengelolaan ladang gas abadi Blok Masela memasuki babak baru. Fakta-fakta yang melatarbelakanginya ternyata sangat mengerikan. Ada begitu banyak konflik kepentingan.

Perbandingan Pemahaman Ideologi Antara Indonesia dan Jerman

03-10-2015 | 10:37 WIB

Oleh: Amril Jambak*

UNDANG-UNDANG Dasar RFJ yang bersifat sementara (Ubergangszeit) yang di buat pada tanggal 23 Mei 1949 yang diputuskan Dewan Menteri Wilayah Barat yang dikepalai Konrad Adenauer, menjadi dasar dan landasan terwujudnya satu peraturan kebebasan demokrasi untuk rakyatnya.

Belajar dari Kasus Donald Trump dan Perang Dingin KIH vs KMP

02-10-2015 | 10:12 WIB

Oleh: Ikhsan Atmaja*

KEHADIRAN Ketua DPR RI Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dalam acara konferensi pers salah satu Bakal Calon Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump hingga kini masih menuai pro dan kontra. Ada kalangan yang menganggap bahwa kehadiran pimpinan DPR RI tersebut tidak seharusnya untuk ditanggapi secara berlebihan.

Blok Masela, Siapa Membela Siapa

01-10-2015 | 16:25 WIB

Oleh : Engkus Munarman)*

TERKAIT  blok  gas lapangan abadi Masela, pemerintah disodorkan dua dua pilihan. Pertama, membangun kilang terapung gas alam cair (Floating LNG Plant). Yang kedua, membangun kilang gas alam cair di darat (On shore LNG Plant) dan mengalirkannya dengan menggunakan pipa sepanjang 600 km ke Pulau Aru.

Peran Buruh dan Pertumbuhan Ekonomi

01-10-2015 | 11:44 WIB

Oleh: Herni Susanti*

PERTUMBUHAN ekonomi merupakan fenomena penting yang dialami dua abad sekarang ini. Disamping itu juga merupakan masalah dalam jangka panjang. Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu tujuan trilogi pembangunan yang harus dipenuhi sebagai landasan pembangunan yang diukur dengan berkembangnya produk barang dan jasa. Pembangunan ekonomi setidaknya memiliki 3 dimensi pokok yaitu terciptanya pertumbuhan ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan traformasi struktural perekonomian.