Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertempuran Udara Lawan Hoaks dan Konten Provokatif Seputar Otsus Papua

14-04-2021 | 14:52 WIB

Oleh Alfred Jigibalom

TAHUN 2021 adalah masa yang krusial karena ada perpanjangan otonomi khusus (otsus) di Papua. Untuk mensukseskan program jilid 2 ini, maka masyarakat perlu bekerja sama untuk menggebuk hoaks dan konten provokatif seputar otsus. Tujuannya agar otsus jilid 2 berhasil 100% dan membuat rakyat Papua makin sejahtera.

Hoaks adalah ancaman di dunia maya, karena gara-gara berita/gambar palsu itu, banyak yang terpengaruh dan akhirnya tersulut emosi. Begitu juga dengan konten provokatif. Semua diproduksi oleh para oknum, dengan tujuan melawan program pemerintah. Maraknya hoaks dan konten provokatif wajib membuat kita makin waspada dalam menyaring berita di internet.

Meneropong Pengambilalihan Pengelolaan TMII

13-04-2021 | 14:36 WIB

Oleh Deka Prawira

PENGELOLAAN Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sudah diambil-alih oleh pemerintah. Tindakan ini didukung penuh oleh masyarakat, karena memang saat membangun memakai uang negara. Sehingga status wahana pendidikan dan hiburan ini adalah milik negara, bukan milik perusahaan swasta.

Masyarakat dibuat heboh dengan berita pengambil-alihan TMII dari Yayasan Harapan Kita oleh pemerintah. Namun pemberitaan ini perlu diluruskan, karena tindakan pemerintah bukan berarti merampas hak pemilik. Karena sebenarnya pemilik TMII adalah pemerintah, sedangkan Yayasan Harapan Kita hanya sebagai pengelola.

Fatwa MUI Vaksin Saat Ramadhan Tak Membatalkan Puasa

12-04-2021 | 14:36 WIB

Oleh Edwin Saputra

MUI (Majelis Ulama Indonesia) menyatakan bahwa vaksinasi saat Ramadhan tidak membatalkan puasa. Keterangan ini tentu saja melegakan umat Muslim yang sebentar lagi akan menjalankan Ibadah Puasa.

Jelang bulan Ramadhan, tentu tidak sedikit yang mempertanyakan apakah vaksinasi dapat membatalkan puasa, apalagi proses vaksinasi belum selesai.

Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Tengah Corona

11-04-2021 | 08:04 WIB

Oleh Alfisyah Dianasari

BULAN April 2021 ada uji coba sekolah tatap muka (offline). Dalam tahap percobaan ini, dilihat apakah nantinya kasus covid melonjak atau justru menurun.

Sekolah online yang dijalankan selama setahun ini ternyata memiliki beberapa kelemahan. Sehingga sekolah secara langsung diharap bisa segera diselenggarakan di seluruh Indonesia.

Menakar Keamanan Vaksin AstraZeneca

09-04-2021 | 14:14 WIB

Oleh Zulkarnain

JAGAD dunia maya sempat heboh dengan pemberitaan tentang vaksin AstraZeneca di Inggris yang dapat menyebabkan pembekuan darah. Meski demikian Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan untuk tetap menggunakan dan mendistribusikan vaksin AstraZeneca yang terbukti aman digunakan.

Pemerintah optimal dalam mendistribusikan vaksin AstraZeneca. Pendistribusian vaksin tersebut tentu saja bukan tanpa alasan, karena pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) hingga Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) masih menyatakan bahwa vaksin AstraZeneca aman.

Mencermati Pelarangan Mudik Lebaran 2021

08-04-2021 | 14:04 WIB

Oleh Indah Juliantari

MUDIK lebaran Idul Fitri tahun 2021 masih tetap dilarang, seperti tahun lalu. Hal ini untuk mencegah penularan virus covid-19. Masyarakat diminta untuk sabar dan berlebaran di rumah saja. Daripada nekat pulang kampung, lalu merana karena kena corona.

Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan ramadhan dan diikuti dengan lebaran. Mudik menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia jelang hari raya idul fitri. Karena mereka bisa pulang kampung dalam durasi agak lama (sekitar seminggu) dan sungkem kepada orang tua di desa.

Langkah Percepatan Produksi Vaksin Merah Putih

07-04-2021 | 14:04 WIB

Oleh Deka Prawira

INDONESIA akan memproduksi vaksin sendiri yang dinamai vaksin merah putih. Vaksin ini akan dipercepat proses produksinya, agar nanti kita tidak tergantung pada vaksin impor. Diharap, vaksin ini akan mempercepat program vaksinasi nasional. Karena persediaan vaksin lebih cepat tercukupi.

Vaksin corona adalah harapan untuk mengakhiri masa pandemi. Ketika kita sudah setahun dikungkung pandemi, maka program vaksinasi nasional dipercepat. Tujuannya agar semua orang punya kekebalan melawan virus covid-19 dan membentuk herd immunity. Sehingga fase pandemi dinyatakan berakhir.

Isu Papua Tak Dibahas Lagi di Forum Internasional

06-04-2021 | 15:44 WIB

Oleh Rebecca Marian

MASIH jelas terngiang di kepala kita ketika sosok Beny Wenda menyuarakan kemerdekaan Papua di forum Internasional. Namun saat ini isu tersebut sudah usang dan tidak pernah dibahas lagi. Sehingga keputusan Papua menjadi bagian Indonesia tentu sudah final. Oleh karena itu tidak bisa diganggu gugat lagi.

Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan, ada sebagian yang menyarankan, terutama Organisasi Papua Merdeka yang separatis dan berbagai organisasinya tersebut, menyatakan bahwa Papua bukanlah bagian dari Indonesia.