Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menyorot Pelaksanaan TWK yang Melibatkan Banyak Pihak

27-09-2021 | 14:36 WIB

Oleh Reza Pahlevi

TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) merupakan asesmen yang wajib diikuti oleh pegawai KPK. Pelaksanaan tes tersebut telah melibatkan banyak pihak dan dilaksanakan secara terbuka.

Soal kontroversi soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) angkat bicara. BKN mengklaim soal-soal TWK ASN KPK berbeda dengan soal untuk calon ASN kementerian lembaga lainnya.

Meneropong Percepatan Pembelajaran Tatap Muka

25-09-2021 | 08:06 WIB

Oleh Siwi Prameswari

PEMERINTAH terus optimal dalam mempersiapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Salah satu cara tersebut diwujudkan melalui peningkatan vaksinasi bagi pelajar hingga penyediaan sarana dan prasaran di era adaptasi kebiasaan baru.

Pada akhir Agustus 2021 lalu, sekolah-sekolah di Jakarta telah mulai bersiap untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Salah satunya adalah SDN Cipinang Melayu 8 Pagi, Jakarta Timur misalnya, yang mengatakan telah siap untuk menggelar sekolah tatap muka pada lusa depan.

Peran Tokoh Agama Mewujudkan Moderasi Beragama

24-09-2021 | 14:40 WIB

Oleh Ismail

MASYARAKAT mendukung peran tokoh agama untuk terus menyebarkan nilai-nilai positif dan mengembangkan moderasi beragama. Dengan meningkatnya peran tokoh agama tersebut, maka diharapkan mampu membendung penyebaran radikalisme dan intoleransi di masyarakat.

Para tokoh agama berperan penting dalam kehidupan di Indonesia, karena mereka menjadi panutan yang berakhlak baik. Keberadaan mereka selalu dinanti dan ceramahnya disukai banyak orang, karena mengajarkan bahwa agama adalah sesuatu yang memberi rasa damai.

Mengutuk Aksi Keji KST Papua Membunuh Nakes

23-09-2021 | 16:30 WIB

Oleh Sabby Kosay

KST (Kelompok Separatis dan Teroris) kembali bertindak brutal dengan menyerang masyarakat dan melukai para tenaga kesehatan (nakes), hingga menimbulkan korban jiwa. Kekejaman KST dikutuk oleh warga sipil, karena mereka tega membunuh nakes, padahal tenaga medis sangat dibutuhkan di masa pandemi.

Masyarakat berharap banyak anggota KST segera ditangkap agar tidak membuat kerusuhan lagi.

Memotret Persiapan Penyelenggaraan PON XX Papua

22-09-2021 | 14:36 WIB

Oleh Timotius Gobay

PON (Pekan Olah Raga Nasional) XX Papua akan berlangsung pada bulan Oktober 2021. Masyarakat Papua pun mengapresiasi persiapan penyelenggaraan kegiatan tersebut yang telah memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan.

Kesiapan provinsi Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tidak perlu diragukan. Menteri Zainudin Amali telah menegaskan bahwa persiapan PON berjalan dengan lancar. Venue-venue yang dipersiapkan untuk menggelar PON Papua-pun kini sudah banyak yang rampung dan mulai menggelar tes event.

Percakapan Cangkir Kopi yang Galau

22-09-2021 | 14:04 WIB

Oleh Rida K Liamsi

"Aku hanya kopi tanpa nama
Yang tumbuh di kaki dunia
Di lereng lereng terjal
Yang becek karena air mata"

(Yoan S Nugraha/Kopi Kaki Lima)

UU Cipta Kerja Antara Kepastian Hukum dan Masuknya Investasi

21-09-2021 | 15:08 WIB

Oleh Ade Istianah

PEMERINTAH dan DPR telah resmi mengesahkan UU Cipta Kerja. Regulasi tersebut diharapkan dapat memberikan kepastian hukum dalam berusaha, sehingga diharapkan dapat menarik minat investor.

Perlu kita pahami bahwa UU Cipta Kerja (Ciptaker) memiliki tujuan dasar untuk membentuk iklim usaha yang bagus di Indonesia. Strategi yang ditawarkan dari UU tersebut adalah mendorong kemudahan investasi dan peningkatan lapangan kerja di Indonesia.

Optimalisasi KPK Berantas Korupsi di Indonesia

20-09-2021 | 14:36 WIB

Oleh Reza Pahlevi

MASYARAKAT mendukung penataan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), termasuk dengan alih status pegawai menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Dengan adanya peningkatan tata kelola tersebut maka pemberantasan korupsi dapat dioptimalkan.

Pada tahun 2020 lalu, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengatakan penataan organisasi melalui Peraturan Komisi (Perkom) Nomor 7 Tahun 2020 bertujuan untuk mengakselerasi tugas pemberantasa korupsi.