Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Membaca Langkah Pemerintah Tingkatkan Pemeriksaan Spesimen Covid-19

05-06-2020 | 12:20 WIB

Oleh Alfisyah Kumalasari

PEMERINTAH saat ini terus berupaya menangani pandemi Covid-19. Baru-baru ini penanganan yang dilakukan tampaknya mulai menunjukkan progress.

Pemeriksaan yang ditargetkan 10 ribu spesimen terhadap virus corona per hari yang diumumkan Presiden Joko Widodo telah terlampaui selama 5 hari berturut-turut.

Maksimalkan Manfaat Perpanjangan Bantuan Bansos Warga Terdampak Covid-19

04-06-2020 | 12:24 WIB

Oleh Dodik Prasetyo

PANDEMI akibat merebaknya virus covid-19 belum berakhir dan vaksinnya juga belum ditemukan. Kondisi ini membuat pemerintah sigap dan memperpanjang masa pemberian bansos (bantuan sosial) dari yang sebelumnya hanya sampai Juni, diberikan hingga desember.

Diharapkan masyarakat bisa bertahan dengan adanya paket bansos ini. Bantuan sosial dari pemerintah pusat RI berupa paket berisi beras dan sembako lainnya, atau uang sebesar 600.000 diberikan kepada jutaan orang.

Waspadai Politisasi Bansos Jelang Pilkada Serentak

03-06-2020 | 12:12 WIB

Oleh Raavi Ramadhan

PILKADA serentak yang akan diselenggarakan tanggal 9 desember 2020 sangat rawan akan politisasi bantuan sosial. Sudah ditemukan beras yang dibungkus dalam plastik bergambar kepala daerah yang akan maju lagi dalam pilkada 2020. Banwaslu menyemprit dan mengingatkan agar hal ini jangan sampai terulang lagi.

Di saat pandemi covid-19, bansos alias bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun daerah, sangat membantu rakyat untuk bertahan hidup. Mereka senang karena mendapat paket berupa 5 kg beras dan sembako lain.

Berharap Proyek Strategis Nasional Jadi Penggerak Ekonomi Indonesia

02-06-2020 | 12:52 WIB

Oleh Alfisyah Kumalasari

PANDEMI Covid-19 membuat banyak proyek yang dihentikan, karena menuruti aturan stay at home. Ketika sudah memasuki fase the new normal, maka proyek-proyek strategis ini dilanjutkan kembali.

Walau ada ratusan, tapi telah dipilih 89 proyek strategis yang sangat urgent untuk dilanjutkan, seperti pembangunan jalan tol dan program legalisasi lahan transmigrasi.

Demokrasi Dajjal

01-06-2020 | 12:04 WIB

MENJELANG "kisah baru" (new-normal) untuk beraktivitas pasca "kisah lama" (old-normal), istilah Demokrasi Dajal menjadi relevan dan signifikan untuk diperbincangkan.

Esai akhir zaman ini tidak berupaya menelaah hubungan dua konsep utama Demokrasi dan Dajal, melainkan menyatukan keduanya menjadi "Demokrasi Dajal" sebagai era kisah baru yang sudah, sedang dan akan berlangsung.

Membaca Kebijakan Strategis Nasional untuk Pemulihan Ekonomi

01-06-2020 | 08:07 WIB

Oleh Edi Jatmiko

KETIKA Corona menyerang Indonesia, maka banyak proyek yang terbengkalai, karena penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan social distancing.

Sekarang ketika the new era dimulai, maka proyek strategis nasional akan dimulai lagi. Ada 11 proyek yang diusulkan untuk dilanjutkan, di antaranya pembangunan jalan tol, dan diharap bisa memulihkan bidang ekonomi karena didukung oleh infrastruktur yang memadai.

Membangun Optimisme Indonesia Melawan Covid-19

29-05-2020 | 12:20 WIB

Oleh Zakaria

MASIH ingatkah dengan kisah pasien 1,2 dan 3 yang sembuh dari covid-19? Mereka sembuh tanpa menggunakan vaksin khusus untuk corona. Tapi mereka bisa dinyatakan sembuh.

Masyarakat pun harus optimis bahwa Covid-19 dapat sembuh dan Indonesia mampu keluar dari krisis akibat wabah penyakit menular ini.

Menyoal Sikap Pemerintah Tentang Herd Immunity

28-05-2020 | 12:32 WIB

Oleh Deka Prawira

HERD immunity alias imunitas kelompok tidak akan diterapkan oleh pemerintah. Ketika Covid-19 belum bisa ditumpas 100 persen, maka untuk mengatasinya bukan dengan cara ini, melainkan dengan mengobati pasien dan mencegah penyebarannya dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), stay at home.

Jadi tidak akan ada relaksasi PSBB dengan alasan untuk membentuk herd immunity. Penyakit Covid-19 yang belum pergi dari Indonesia, makin membuat banyak orang khawatir.