Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Yawan Shuuu

31-10-2023 | 08:04 WIB

Oleh Dahlan Iskan

PERKEMBANGAN Whoosh...bisa dibilang menggembirakan. Dalam dua minggu operasi sudah mencapai okupansi 90 persen.

"Akhir pekan kemarin okupansi premium ekonomi mencapai 96 persen," ujar Allan Tandiono, Direktur Pengembangan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tadi malam.

Gibran Birokrasi

30-10-2023 | 08:36 WIB

Oleh Dahlan Iskan

KALIMAT sejuk ini rasanya seperti boba di kala dahaga. Apalagi Megawati Soekarnoputri yang mengucapkannya.

"PDI Perjuangan akan mengawal Presiden Jokowi sampai akhir masa jabatan". Bukan main sejuk di tenggorokan yang lagi panas karena terteguk spirtus.

Duka Mantan

28-10-2023 | 08:20 WIB

Oleh Dahlan Iskan

SAYA hampir menipu diri sendiri dan menipumu.

Mencintai dan dicintai belum tentu berbanding lurus.

Telaga Wan An

27-10-2023 | 08:36 WIB

Oleh Dahlan Iskan

"ITU hotel?" tanya saya. Jari saya menunjuk satu bangunan besar. Seperti baru. Empat lantai. Di pinggir 'danau' yang teduh, damai dan tenang. Kanan kiri bangunan itu hutan. Berbukit. Di belakangnya gunung.

Bangunan itu seperti tempat peristirahatan.

Saya memotretnya dari sisi lain 'danau'. Lihatlah hasilnya. Kurang bagus. Seperti wartawan-foto comberan. Apalagi motretnya hanya pakai HP. Itu pun HP yang sudah terluka di empat pojoknya: luka yang tidak bisa disembuhkan, pun ketika sudah dibawa pergi jauh.

Raboyamin Gibran

26-10-2023 | 08:36 WIB

Oleh Dahlan Iskan

IA lahir hari Rabu. Karena itu diberi nama Boyamin. Ayahnya seorang petani di Desa Ngumpul, antara Ponorogo dan Slahung. Pelosok sekali. Pelosoknya pelosok.

Sampai hari ini ia jadi berita besar. Dua sekaligus. Anaknya menang di Mahkamah Konstitusi: Gibran pun bisa memenuhi syarat maju sebagai cawapresnya Prabowo. Lalu, sebagai pendiri Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin berkometar keras.

Prof Provokasi

25-10-2023 | 08:20 WIB

Oleh Dahlan Iskan

LEBIH mudah mengajari ilmu kewartawanan kepada dokter daripada mengajari ilmu kedokteran kepada wartawan. Maka saya putuskan agresif, kala itu: rekrut dokter-dokter muda. Jadikan mereka wartawan.

Begitu banyak komplain dari dokter. Soal berita terkait penyakit, obat, dan kesehatan. Tulisan wartawan dianggap begitu dangkal. Banyak salah pula. Lebih banyak lagi yang salah pengertian.

Saset Kompor

24-10-2023 | 08:20 WIB

Oleh Dahlan Iskan

SAYA lagi di pedalaman Tiongkok. Naik kereta api sejauh 14 jam. Dari Beijing. Bukan kereta Whoosh. Kereta lama. Jalur lama. Gerbong lama. Bisa tidur sepanjang malam. Juga bisa mimpi terkena luka.

Stasiunnya baru. Stasiun Fengtai. Di Beijing sisi selatan. Beda lagi dengan stasiun Nanzhan yang juga di Beijing selatan.

Luka Puan

23-10-2023 | 08:52 WIB

Oleh Dahlan Iskan

WAKTU akan menyembuhkan luka. Saya percaya.

Saya sendiri terluka. Minggu lalu. Kaki terkena tajamnya bambu. Pedih sekali. Luka itu pun saya bawa pergi. Jauh. Benar, di Tiongkok luka itu sembuh.