Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Raboyamin Gibran

26-10-2023 | 08:36 WIB

Oleh Dahlan Iskan

IA lahir hari Rabu. Karena itu diberi nama Boyamin. Ayahnya seorang petani di Desa Ngumpul, antara Ponorogo dan Slahung. Pelosok sekali. Pelosoknya pelosok.

Sampai hari ini ia jadi berita besar. Dua sekaligus. Anaknya menang di Mahkamah Konstitusi: Gibran pun bisa memenuhi syarat maju sebagai cawapresnya Prabowo. Lalu, sebagai pendiri Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin berkometar keras.

Prof Provokasi

25-10-2023 | 08:20 WIB

Oleh Dahlan Iskan

LEBIH mudah mengajari ilmu kewartawanan kepada dokter daripada mengajari ilmu kedokteran kepada wartawan. Maka saya putuskan agresif, kala itu: rekrut dokter-dokter muda. Jadikan mereka wartawan.

Begitu banyak komplain dari dokter. Soal berita terkait penyakit, obat, dan kesehatan. Tulisan wartawan dianggap begitu dangkal. Banyak salah pula. Lebih banyak lagi yang salah pengertian.

Saset Kompor

24-10-2023 | 08:20 WIB

Oleh Dahlan Iskan

SAYA lagi di pedalaman Tiongkok. Naik kereta api sejauh 14 jam. Dari Beijing. Bukan kereta Whoosh. Kereta lama. Jalur lama. Gerbong lama. Bisa tidur sepanjang malam. Juga bisa mimpi terkena luka.

Stasiunnya baru. Stasiun Fengtai. Di Beijing sisi selatan. Beda lagi dengan stasiun Nanzhan yang juga di Beijing selatan.

Luka Puan

23-10-2023 | 08:52 WIB

Oleh Dahlan Iskan

WAKTU akan menyembuhkan luka. Saya percaya.

Saya sendiri terluka. Minggu lalu. Kaki terkena tajamnya bambu. Pedih sekali. Luka itu pun saya bawa pergi. Jauh. Benar, di Tiongkok luka itu sembuh.

Prank Gibran Menuju 2024, Anak Muda Kok Gitu?!

22-10-2023 | 09:32 WIB

Oleh Achmad Nur Hidayat

INDONESIA, negara yang penuh dengan dinamika politik, sedang menyaksikan peristiwa mengejutkan yang melibatkan sosok Gibran Rakabuming Raka, putra sulung dari Presiden Joko Widodo, yang saat ini tengah menjalani perjalanan politik yang penuh dengan kontroversi.

Dalam apa yang tampaknya menjadi serangkaian tindakan yang tidak konsisten, Gibran telah menjadi sorotan utama dalam dunia politik Indonesia, dan perbuatannya menimbulkan pertanyaan serius tentang integritas politiknya.

Luka Tidak

19-10-2023 | 08:40 WIB

Oleh Dahlan Iskan

MISALKAN: Gibran menolak jadi calon wakil presidennya Prabowo. Demi menjaga hubungan dengan PDI-Perjuangan dan pimpinannya.

Almas Gibran

18-10-2023 | 09:36 WIB

Oleh Dahlan Iskan

DI DUNIA hukum, 'beda alasan' tidak sama dengan 'beda pendapat'. Di putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Senin lalu empat hakim menerima permohonan, empat hakim berbeda pendapat, dua hakim berbeda alasan.

Makan Siang

17-10-2023 | 08:36 WIB

Oleh Dahlan Iskan

SULIT sekali memahami apa yang terjadi di Mahkamah Konstitusi (MK) kemarin. Terutama bagi saya. Yang sejak dua hari lalu berada di tempat nan jauh.