PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Evakuasi Casa C212-100 dalam “Kemiskinan” Mekanika

20-02-2011 | 09:30 WIB

Rawa sedalam empat meter tempat Casa C212-100 nyungsep itu sayangnya tak tersusun atas salju.
Barang siapa berdiri di tengah upaya evakuasi bangkai pesawat pada Sabtu (12/2/2011) itu, bakal tahu bahwa mistik tak hanya monopoli dan bahan omongan orang awam. Mistik itu juga satu kebutuhan, juga subsistem solusi, yang dihajatkan oleh orang-orang yang menghuni institusi-institusi pendeteksi ber-“DNA” rasional.

Keyboard Bongkar

18-02-2011 | 20:25 WIB

Realitas sosial budaya kebun unik. Untuk perkara "gaya hidup" boleh dikatakan tidak mau ketinggalan, atau disebut orang udik. Aspek kepemilikan seperti TV lengkap dengan setel VCD, merek-merek hand phone (telpon genggam) terpopuler, hiburan "dangdut mania". Kegandrungan akan nuansa  pesta terutama menyuguhkan hiburan musik kyebord. Pesta telah menjadi tradisi. Ketika suatu acara syukuran yang dianggap pantas untuk dirayakan, bila tidak dirayakan ada perasaan  "sreg" dikalangan buruh kebun sehingga selain tradisi juga sekaligus etika sosial komunitas perkebunan.

Mencari Rumah Budaya di Batam

17-02-2011 | 19:14 WIB

Oleh: Uba Ingan Sigalingging, S.Sn.

Rumah Budaya (berikutnya disebut Gedung Kesenian) adalah salah satu bagian dari apa yang disebut sebagai ruang publik (public space). Sebagaimana kita ketahui bahwa keberadaan ruang publik di Kota Batam menjadi tuntutan tersendiri, karena hingga saat ini kita belum melihat adanya ruang publik untuk kepentingan masyarakat luas yang dibangun oleh Pemerintah Kota Batam maupun Badan Otorita Batam (BOB).

Penjara [Bukan] Tempat Anak

13-02-2011 | 12:05 WIB

Oleh: Muhammad Joni *)

Keadaan buruk dalam pemenjaraan anak bukan saja situasi fisiknya, namun filosofi yang diusung. Anak masih dianggap orang dewasa ukuran mini. Yang membedakannya hanya masa penahanan, dan kenyataannya anak tetap saja melakoni pembinaan dalam LP Anak yang masih bercitarasa penjara biasa.

Tahun Subur Praktik Intoleransi

10-02-2011 | 15:22 WIB

Tahun 2010 tercatat sebagai tahun yang sarat dengan praktik intoleransi beragama dan berkeyakinan, baik di level nasional maupun lokal.

Rezim Neoliberal bertanggung jawab terhadap terjadinya kekerasan beragama!!!

09-02-2011 | 14:59 WIB

Tindakan kekerasan yang dilakukan sekelompok orang yang mengatasnamakan agama Islam sungguh sudah diluar batas nalar seorang manusia. Pembataian terhadap jemaah Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang dan pembiaran oleh aparat kepolisian menunjukkan bahwa rezim Neoliberal sudah tidak memiliki rasa kemanusiaan terhadap warga negaranya. Tiga jemaah Ahmadiyah harus meregang nyawa dengan kondisi yang sangat mengenaskan setelah dibantai oleh organisasi preman berjubah yang berkedok pembela Islam.

Mas Marco Kartodikromo, Bapak Pers yang Dilenyapkan Sejarah

09-02-2011 | 11:34 WIB

Pada 9 Februari 2011, seluruh insan pers di Indonesia memeringati Hari Pers Nasional. Dalam rangkaian peringatan HPN, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  biasanya selalu memberikan penghargaan kepada para insan pers yang dianggap telah berjasa dalam pengembangan pers nasional.

Gotong Royong Dalam Tekanan Rezim Global

07-02-2011 | 17:56 WIB

“Jikalau saya peras yang lima menjadi tiga dan yang tiga menjadi satu, maka dapatlah saya satu perkataan Indonesia yang tulen, yaitu Gotong-royong. Negara Indonesia yang kita dirikan haruslah negara gotong-royong !”