PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meraih Impian Swasembada Pangan

13-02-2015 | 11:39 WIB

Oleh: Amril Jambak*
 
SWASEMBADA pangan menjadi target utama program pembangunan pemerintah tiga tahun ke depan. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) pada Kementerian Pertanian yang bersinergi dengan lintas instansi, penuh semangat menyingsingkan lengan menyatukan misi, mengikis rasa ego sektoral, berjibaku bekerja, bekerja dan bekerja menyongsong program swasembada pangan.

Terdepan dalam Keterbelakangan

03-02-2015 | 13:28 WIB

Oleh: Moh Abdi Suhufan

KOMITMEN Jokowi-JK untuk memberi prioritas pada pembangunan kelautan melalui doktrin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia perlu mendapat apresiasi. Walaupun dalam 100 hari pemerintahan, fokus kebijakan maritimmasih terbatas pada penanganan perikanan tangkap seperti moratorium izin kapal, pembatasan alat tangkap dan perang terhadap praktik illegal fishing, paling tidak langkah tersebut memberi harapan baru bagi masyarakat. Selanjutnya, salah satu agenda yang kemudian perlu didorong adalah perlunya meletakan dasar perencanaan dan strategi intervensi pembangunan bagi masyarakat di pulau-pulau kecil terluar dan perbatasan.

Saatnya Mainkan Jurus Bangun Daerah Tertinggal

02-02-2015 | 11:55 WIB

Oleh: Nur Wahid*
 
TAK dapat dipungkiri bahwa kesenjangan wilayah hingga kini masih menjadi masalah besar bangsa bak benang kusut yang sulit diurai. Hingga tahun 2014 lalu, setidaknya masih ada 113 kabupaten yang belum berhasil lepas dari ketertinggalan. Sekitar 70 persen di antaranya berada di wilayah timur Indonesia. 

Mengenal Narkoba Penghancur Generasi Muda

28-01-2015 | 13:28 WIB

Oleh: Pandu Satriawan*

MASA remaja merupakan suatu fase perkembangan antara masa anak-anak dan masa dewasa. Perkembangan seseorang dalam masa anak-anak dan remaja akan membentuk perkembangan diri orang tersebut di masa dewasa. Karena itulah bila masa anak-anak dan remaja rusak karena narkoba, maka suram atau bahkan hancurlah masa depannya. Pada masa remaja, justru keinginan untuk mencoba-coba, mengikuti trend dan gaya hidup, serta bersenang-senang besar sekali. Walaupun semua kecenderungan itu wajar-wajar saja, tetapi hal itu bisa juga memudahkan remaja untuk terdorong menyalahgunakan narkoba.

Jurus Aman Transaksi Online

24-01-2015 | 11:50 WIB

Oleh: Ananda Prastia*

INTERNET memiliki peran yang sangat besar di era modern saat ini. Bahkan setiap kantor telah terhubung dengan internet, setiap gadget juga sudah memiliki fasilitas untuk melakukan kegiatan browsing. Banyak keuntungan yang didapat dari melakukan browsing atau berinternet ria. Tetapi banyak pula keburukan atau ancaman dalam melakukan transaksi data internet ini.

Campursari Antara Politik Standar Ganda dan Politisasi Calon Kapolri

16-01-2015 | 12:48 WIB

Oleh: Alif Kamal

BAGI sebagian masyarakat Indonesia terutama masyarakat Jawa mendengar musik campursari tentulah sudah tidak asing lagi. Sebuah bentuk musik yang lahir dari perpaduan antara musik tradisional dengan musik barat. Iramanya enak didengar dan seiring zaman campursari mulai mendapat penambahan dari jenis musik lainnya. 

Produk Unggulan Hilirisasi Berbasis SDA

15-01-2015 | 10:57 WIB

Oleh: Agro Setya Wanaprasta*
 
AKTIVITAS ekonomi Indonesia terutama dalam bidang ekspor manufaktur hingga kini masih didominasi sektor berbasis sumber daya alam (SDA), yang notabene produk setengah jadi dan berteknologi rendah. Bahkan ada anggapan bahwa saat ini Industri dalam negeri dinilai belum mampu memaksimalkan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) nasional, sehingga kesejahteraan masyarakat masih rendah. Sehingga menjadi sangat disayangkan negara yang kaya akan sumber daya alam, harus kembali mengimpor barang yang dibuat dari buminya sendiri. kita mengekspor barang mentah atau barang setengah jadi, lalu kita kembali mengimpor barang tersebut setelah jadi.

Refleksi Media Massa Tahun 2014

09-01-2015 | 11:11 WIB

Oleh: Amril Jambak

MEDIA Massa (Mass Media) singkatan dari Media Komunikasi Massa (Mass Communication Media), yaitu sarana, channel, atau media untuk berkomunikasi kepada publik.