PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemilu 2014 Banyak Pelanggaran dan Kecurangan

15-04-2014 | 10:39 WIB

Oleh: Andi Kusuma*

PELAKSANAAN
Pemilu 2014 yang baru diselenggarakan 9 April lalu, menuai banyak permasalahan sehingga kecurangan demi kecurangan merajalela. Mulai dari praktik politik uang, mobilisasi masa, adanya pemilih bodong serta lain sebagainya menjadikan pemilu tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Membantah 'Jokowi Effect' adalah 'Kampanye Hitam'

11-04-2014 | 10:26 WIB

Oleh: Sihol Manullang

BANYAK pengamat berpendapat, tak ada 'Jokowi Effect', membuat perolehan suara PDI Perjuangan tidak melewati 30%. Apakah penilaian mereka jujur?

Mengungkap Praktek Politik Uang

25-03-2014 | 12:48 WIB

Oleh: Raja Dachroni

UANG BUKANLAH segala-galanya. Mungkin kita pernah mendengar 'kalimat suci' ini di tengah masyarakat yang masih memiliki idealisme dan cara pandang yang jernih, jika ditanya persepsinya tentang uang. Akan tetapi, ketika kita kaitkan dengan Pemilu 9 April 2014, kalimat ini bisa berubah. Segala-galanya memerlukan uang. Termasuk untuk membeli suara masyarakat. Sadar atau tidak, sejak kran reformasi dibuka dan sistem pemilu terbuka digelar seperti saat ini, praktek politik uang kerap digencarkan oleh politisi yang tidak bertanggung jawab karena tidak ingin berlelah-lelah dalam melakukan sosialisasi politik tapi ingin mendapatkan kursi dari setiap pesta demokrasi yang digelar.

Menyoal Alasan PLN Batam Menaikkan Tarif Listrik

18-03-2014 | 09:43 WIB

Oleh Natanael Siagian

MASYARAKAT Kota Batam beberapa hari ini dilanda demam kekwatiran. Semua elemen masyarakat khawatir dan resah. Mulai dari buruh, kalangan pengusaha, mahasiswa dan lain-lain. Semuanya gelisah. Kekhawatiran dan keresahan bukan karena musim kemarau yang berkepanjangan, atau karena serangan asap seperti yang terjadi di Provinsi Riau dan sekitarnya, atau karena adanya ancaman bencana alam seperti di daerah lain.

Menelusuri Jejak Asap Riau, 17 Tahun Tanpa Solusi

12-03-2014 | 11:43 WIB

Oleh: Aripianto*

SAAT ini Riau berstatus tanggap darurat karena kabut asap yang melanda. Kondisi ini sungguh sangat memprihatinkan jika kita amati dengan kondisi udara yang hari ini kita hirup tentu sudah diluar batas wajar yang artinya kondisi udara di Riau sudah tergolong tidak sehat untuk dikonsumsi. Kondisi udara di Riau terus menunjukkan ke arah yang terus memburuk.

Pemilih Pemeras

27-02-2014 | 09:49 WIB

Oleh: Raja Dachroni


Pada Kamis (20/2/2014) lalu, diskusi ringan yang kami beri nama 'Kybernologi Corner' digelar. Hadir puluhan mahasiswa di pendopo STISIPOL Raja Haji. Walau saya tidak menyaksikan langsung, karena berhalangan hadir pada kegiatan tersebut, tapi paling tidak mendengar cerita dari rekan saya, Rendra Setyadiharja, yang kebetulan menjadi moderator diskusi dengan tajuk 'Etika dan Budaya Politik' itu, sepertinya seru apalagi narasumbernya juga pemegang dua gelar doktor, yakni Dr. Suhardi Mukhlis, PhD.

Menguapnya Capres Penari Latar

07-02-2014 | 15:01 WIB

Oleh : Edy Mulyadi

BUAT ANDA yang masih sempat nonton acara musik di televisi, tentu tidak asing dengan penari latar. Itu lho, sekelompok anak muda, lelaki-perempuan, yang 'bertugas' menari mengiringi penampilan penyanyi utama. Jumlah mereka bervariasi, tapi umumnya sekitar 5-10 orang.

Menelisik Mudarat dan Manfaat Tambang Pasir Ilegal di Batam

24-01-2014 | 15:29 WIB

Oleh: Hadli*

MENELISIK
penambangan pasir darat yang dilakukan secara ilegal yang berawal di Kampung Panglong, Kelurahan Batu Besar, di Kecamatan Nongsa sejak sekitar 10 tahun silam lalu memang sangat ironis.