Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Pilar Kebangsaan dan Rekor MURI

07-11-2011 | 13:52 WIB

Oleh : Surya Irawan

Rencana Ketua F-PKB MPR Lukman Edi memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) sosialisasai empat pilar kebangsaan pada 10 November 2011 mendatang selama dua 24 jam adalah bagian dari strategi untuk menarik minat masyarakat dari berbagai kalangan terhadap identitas kebangsaan tersebut. Hal itu ditempuh agar sosialisasi empat pilar kebangsaan terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika tidak membosankan dan akan lebih menarik.

Sejarah Pulau Berhala, Kepri Pemiliknya

01-11-2011 | 12:14 WIB

Oleh : Susilowadi, SE, MH

Siapa pemilik Pulau Berhala sebenarnya dapat diketahui dari sejarah Pulau Berhala itu sendiri, yang bisa dibagi dalam empat kategori historis, yakni Hikayat Datuk Berhalo, Datuk Makam datuk Berhalo, Sumber Kolonial dan Data-data Masa Republik Indonesia.

Memberhalakan Pulau Berhala

24-10-2011 | 09:08 WIB

Oleh: Shodiqin Nursa

Para pemimpin Kepri mencak-mencak begitu mendengar Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia menetapkan Pulau Berhala menjadi bagian dari wilayah Provinsi Jambi. Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri sesumbar akan menggugat Mendagri! Tetapi apakah reaksi itu didasari oleh semangat berbangsa dan bernegara Indonesia --dan bukan oleh karena terjebak memberhalakan Pulau Berhala?

Presiden Sukarno Tak Lupakan Kawan

24-10-2011 | 09:02 WIB

Oleh: Yana Priyatna

Aku ingin bercampur dengan rakyat. Itulah yang menjadi kebiasaanku. Akan tetapi aku tidak dapat lagi berbuat demikian. Seringkali aku merasakan badanku seperti akan lemas, napasku akan berhenti apabila aku tidak bisa keluar dan bersatu dengan rakyat jelata yang melahirkanku.”

Kabinet Baru dan Kerja Nyata

20-10-2011 | 15:08 WIB

Oleh: Idral

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengumumkan dan melantik kabinet baru yang akan bekerja menyukseskan tugas – tugas membangun bangsa dan melayani rakyat.

Jalan Licin BBM yang Menyesatkan

14-10-2011 | 15:39 WIB

Oleh:Nur Fahmi Magid

Berbicara soal Bahan Bakar Minyak (BBM) memang sangat rumit. Goenawan Muhammad pernah mengingatkan pada 2008 lalu dalam sebuah catatan, "Jalan minyak itu sangat berkilau, licin dan menyesatkan". Licin dan menyesatkan seolah Ia menunjuk pada betapa rumitnya persoalan ini untuk kita uraikan. Ia lebih dalam mempengaruhi hasrat, nafsu, kekuasaan, sekaligus penguasaan. Pisau hukum pun akan dibuat "blingsatan" ketika harus berhadapan dengan licinya emas hitam ini. Minyak telah menjadi barang mewah sekaligus jalan sesat di Indonesia.

Sampah dan Sumpah Serapah

24-09-2011 | 17:51 WIB

Oleh: Shodiqin Nursa

Sampah memang tak disuka. Namun sesungguhnya masalah sampah adalah perkara pengelolaan. Salah kelola, maka sampah membuat resah dan bahkan menimbulkan sumpah serapah.

 

Memaafkan, Kekuatan yang Membebaskan

29-08-2011 | 11:26 WIB

Oleh: Pieter P. Pureklolong

BAGI sementara orang non-Muslim, bulan Ramadhan memberi mereka kenikmatan mengalami “wajah Islam yang ramah”. Bagi mereka Ramadhan bisa mengesankan namun sekaligus juga dapat mendebarkan. Ada kebaikan yang bertaburan, kesucian dan kesalehan diperjuangkan, semua hati dibersihkan. Di sisi yang lain mereka juga merasa khawatir akan adanya kerusakan, kerusuhan karena berpikir bisa saja pembersihan diri melebar kepada pembersihan terhadap orang lain yang minoritas. (Franz Magnis Suseno, Kompas,  25/8/2011, h.2).