glory propertinews

Pilkada Damai Demi Siapa?

18-04-2018 | 17:16 WIB

Oleh Rivka Mayangsari

PILKADA 2018 tinggal menghitung bulan, tentunya segala persiapan bagi calon peserta maupun proses Pilkada sudah berjalan sebagian besar. Namun harapan terbesar dari adanya Pilkada di Juni 2018 tidak hanya untuk mendapatkan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakatnya, namun juga dapat berlangsung damai tanpa adanya masalah.

Cara Bijak Menyikapai Polemik Puisi Sukmawati

17-04-2018 | 17:16 WIB

Oleh Dodik Prasetyo

BELAKANGAN ini, publik disibukkan tentang puisi Ibu Indonesia karya Sukmawati. Puisi yang dibacakan langsung oleh Sukmawati pada acara 29 Tahun Anne Avantie berkarya Fashion Week 2018, ini lebih banyak menuai kontra, khususnya di kalangan umat Islam karena isinya dinilai menyudutkan penggunaan cadar dan suara adzan.

Mengidentifikasi 'Kibul' di Tahun Politik

16-04-2018 | 17:16 WIB

Oleh Novi Agusta

JELANG tahun politik, berbagai manuver dilakuakan oleh para politisi untuk meraih simpati masyarakat. Dari isu yang remeh temeh sampai menjadi substansial terus diputar hingga menjadi sebuah perbicangan publik. Topik pun semakin jauh dari inti permasalahan tatkala media sosial telah dimanfaatkan sebagai wadah bagi para pemangku kebijakan dan oposisi dalam membentuk opini publik.

Saksikan Pembangunan di Papua

14-04-2018 | 17:16 WIB

Oleh Abner Krei

TAK terasa, sudah berjalan 4 tahun kepemerintahan Presiden Jokowi dan tak lama lagi akan dilakukan Pemilu untuk pemilihan presiden selanjutnya di tahun 2019.

Nawa Cita Reformasi Agraria, Benarkah?

13-04-2018 | 17:16 WIB

Oleh Alfonsius Ladi Ola

BELUM lama ini, kita dijejali berbagai simpang siur informasi mengenai program reformasi agraria dengan program pembagian setrifikat tanah oleh pemerintahan Jokowi-Jk, yang oleh beberapa pihak dianggap sebagai upaya menipu masyarakat. Sebelum memberikan sikap atas persoalan ini seyogyanya kita harus mengetahui program agraria ini.

Siap Menang-Kalah dalam Pesta Demokrasi

12-04-2018 | 17:16 WIB

Oleh Sulaiman Rahmat

PILKADA serentak yang akan dilakukan Juni 2018 mendatang menjadi pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Setiap daerah tentunya sudah memiliki calon Kepala Daerah nya masung-masing.

Pemilih Cerdas Hasilkan Pemimpin Berkualitas

11-04-2018 | 17:16 WIB

Oleh Stevanus Sulu

TAK terasa Pilkada 2018 akan datang, sebuah pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah-Daerah di Indonesia akan dimulai. Baik tua maupun muda semuanya masyarakat Indonesia menanti dengan tidak sabar dan berharap untuk bisa mendapatkan pemimpin daerahnya masing-masing.

Menghentikan Ekses Pilkada Langsung

11-04-2018 | 13:16 WIB

Oleh: Bambang Soesatyo)*

PEMILIHAN UMUM kepala daerah (Pilkada) secara langsung sebenarnya sudah ideal karena dia menjadi wujud nyata kedaulatan rakyat. Namun Sayang, kedaulatan rakyat untuk memilih pemimpinnya belum dilengkapi pola atau mekanisme penyaringan yang ideal.

Akibatnya, Pilkada di banyak daerah gagal menghadirkan sosok pemimpin yang punya kompetensi, kredibilitas dan berintegritas. Bahkan praktik money politik atau politik transaksional makin masif dan gesekan antar kelompok, keluarga ataupun individu diakar rumput semakin mengkhawatirkan.