Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan Siswa PSHT Cabang Bintan dan Tanjungpinang Ikuti Kenaikan Tingkat di MTs Teluk Sasah
Oleh : Harjo
Minggu | 21-04-2024 | 13:32 WIB
psht_bintan_ujian_tingkat.JPG Honda-Batam
Siswa atau calon warga yang mengikuti proses kenaikan tingkat PSHT di Bintan (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan-Sebanyak 52 siswa Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Bintan dan Tanjungpinang, mengikuti Uji Kenaikan Tingkat (UKT) dari sabuk hijau ke sabuk putih kecil, di MTs Teluk Sasah, Kecamatan Serikuala Lobam, Bintan, Minggu (21/4/2024).

Ketua Cabang PSHT Bintan, Arif Evendi di sela-sela kegiatan tersebut, serta dihadapan para warga dan pengurus PSHT Bintan dan PSHT Tanjungpiang, menyampaikan bahwa selain kegiatan kenaikan tingkat bagi calon warga PSHT Bintan dan Tanjungpinang.

Kegiatan ini, juga menjadi kegiatan halal bihalal antar sesama warga bersama keluarga besar PSHT yanga da di Bintan dan Tanjungpinang.

"Namun inti dari semuanya, kegiatan ini adalah salahsatu wadah siratulrahmi, guna meningkatkan tali persaudaraan sesama warga dan siswa PSHT, khususnya Bintan dan Tanjungpinang dan pada umumnya," ujarnya.

Dijelaskan, agenda Ujian Kenaikan Tingkat adalah sebuah proses dan tahapan yang memang harus dilalui bagi siswa atau calon warga, untuk nantinya disahkan sebagai warga PSHT.

"Walaupun, saat ini sudah naik ke sabuk putih kecil, para calon warga nantinya masih akan mengikuti beberapa tahapan lagi, sebelum disahkan pada setiap bulan bulan Juli atau bulan Suro dalam kalender Jawa," tambahnya.

Arif Evendi berharap, agar seluruh siswa yang hari ini sudah mendapatkan sabuk putih, tidak lendor semangat, hingga disahkan nantinya.

Agar nantinya, apabila sudah menjadi warga bisa mengabdikandiri, untuk terus mengembangkan PSHT, karena PSHT adalah salahsatu pencak silat budaya asli Indonesia yang harus tetap dilestarikan.

Ada pun calon warga yang mengikuti Ujian Keniakan Tingkat, sebanyak 52 orang yang terdiri dari 32 orang dari PSHT Cabang Bintan dan 20 orang dari PSHT Cabang Tanjungpinang.

"Mereka berasal dari berbagai titik tempat latihan, baik di Bintan dan Tanjungpinang, termasuk dari Komisariat Lanudal Tanjung Pinang," tambahnya.

Editor: Surya