Komoditas Politik Baru pada Gerakan Aksi Bela Tauhid

05-11-2018 | 11:52 WIB

Oleh Dr. Yuda Pramono Andi, M.Si

BELAKANGAN ini persoalan tentang pembakaran bendera HTI yang juga oleh sebagian masyarakat dianggap sebagai bendera tauhid, menjadi polemik yang membutuhkan perhatian lebih. Sebagai respon terhadap pembakaran bendera tersebut, sejumlah masyarakat melakukan demonstrasi Aksi Bela Tauhid di kantor Kemenkopolhukan dan menuntut pembakar bendera segera dihukum.

Belajar dari Suriah Mewaspadai Bibit Radikalisme

03-11-2018 | 11:16 WIB

Oleh Ratna Wulandari

MESKI telah berlalu, namun polemik mengenai pembakaran bendera hitam yang bertuliskan kalimat HTI pada peringatan Hari Santri Nasional di Garut yang lalu masih saja memanas.

Jokowier, Pedagang Pengaruh, Machiavilian, Rasialis dan Islamphobia

02-11-2018 | 17:16 WIB

Oleh Natalius Pigai

PEMERINTAHAN kepemimpinan Presiden Jokowi dan Jusuf Kalah sudah berlangsung 4 tahun lamanya. Apa yang dilakukan oleh pemerintah selama ini sudah dinilai secara paripurna, oposisi bertahan pada kritikan-kritikan yang tajam dan menohok, sementara partisan defensif. Karena itu tahun yang keempat ini tulisan ini difokuskan untuk menilai para pendukung pemerintah Kepemimpinan Jokowi yang saya beri nama Jokowier.

Mewaspadai Upaya Memecah Belah Umat

02-11-2018 | 11:16 WIB

Oleh Ricky Putra Syahreza

HEBOH aksi pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid pada acara Hari Santri Nasional (HSN) oleh beberapa oknum anggota Banser di Garut masih akan berlanjut. Sama seperti isu-isu agama sebelumnya, oknum tertentu akan terus memanfaatkan tanggal cantik untuk menggelar Aksi Bela Tauhid hingga berjilid-jilid. Situasi politik menjelang Pilpres diyakini sebagai latar belakang utama mengapa kasus ini akan terus diupayakan untuk berkembang.

Pandangan Internasional Atas Kesejahteraan Rakyat Indonesia

01-11-2018 | 11:16 WIB

Oleh Norah C

MENJELANG pemilu 2019, suhu perpolitikan Indonesia mulai memanas. Aksi saling serang, mulai dari sindiran hingga celaan tidak hanya dilakukan para pendukung dan para tokoh politik lewat media sosial. Ujaran kebencian juga dilakukan sejumlah pihak dengan meretas situs lawan politiknya. 

Antara Merah Putih dan Hitam Putih

31-10-2018 | 17:50 WIB

Oleh Ricky Putra Syahreza

POLEMIK pembakaran bendera HTI oleh Banser di Garut hingga saat ini masih terus bergulir dan semakin meluas. Peristiwa diawali ketika Banser NU merampas dan membakar bendera organisasi terlarang tersebut pada perayaan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 di Garut, Jawa Barat. Padahal sebelumnya telah ada kesepakatan bahwa hanya bendera Merah Putih yang dapat dikibarkan dalam perayaan tersebut.

Janganlah Sampai Benci Mengalahkan Logika

30-10-2018 | 11:16 WIB

Oleh Yuda Pramono Andi

MENJELANG Pilpres 2019, muncul banyak pernyataan-pernyataan yang tidak senang dengan kebijakan Joko Widodo sebagai Presiden. Pola kritik yang diberikan hampir sama, selalu berusaha menggiring opini “kebijakan itu hanya mencari suara menjelang Pilpres”.

Mengurai Aksi Bela Tauhid Buntut Garut

29-10-2018 | 17:40 WIB

Oleh Shena Faradila

TANGGAL 22 Oktober 2018 di Limbangan, Garut Jawa Barat, telah digelar acara perayaan hari Santri nasional yang diikuti hampir empat ribuan santri yang telah memenuhi lokasi acara. Sebelum acara berlangsung, seluruh perwakilan ormas di wilayah Kecamatan Limbangan meneken tanda tangan perjanjian untuk melaksanakan perayaan dengan damai. Perjanjian tersebut menegaskan bahwa adanya pelarangan untuk tidak membawa bendera ormas selain bendera Merah Putih.