Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dipicu Sengketa Lahan

Batu Aji Rusuh, 1 Tewas 1 Luka Parah
Oleh : Hendra / Gokli / MG
Kamis | 03-11-2011 | 09:43 WIB
batuaji-rusuh.gif Honda-Batam

Sejumlah anggota Polresta Barelang tam[ak berjaga di lokasi kerusuhan. (Foto: Hendra)

BATAM, batamtoday - Seorang tewas dan seorang lainnya mengalami luka parah akibat penyerangan yang dilakukan oleh sekelompok orang tak dikenal (OTK) ke pos perusahaan developer PT Makmur Perdana Pratama, di Simpang Base Camp Batu Aji, Kamis (3/11/2011) sekitar pukul 03.00 WIB.

Ketiga orang korban yang sedang menjaga lahan milik perusahaan tiba-tiba diserang sekelompok massa yang berjumlah belasan orang yang menggunakan senjata tajam dengan membabi buta.

Menurut informasi di lapangan, korban tewas bernama Zubair (50) dengan penuh luka bacok di badan, sedangkan Alfonso mengalami luka parah dan langsung dilarikan ke RS Charis Medika. Seorang lain bernama Kasmir hingga kini tidak diketahui keberadaannya.

"Mereka diserang saat sedang tertidur di pos penjagaan," ujar anggota buser yang enggan namanya disebutkan kepada batamtoday.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Eka Yudha Satriawan menegaskan aksi penyerangan ini diduga merupakan aksi balasan pada saat penggusuran lahan di lokasi tersebut pada Minggu (30/10/2011) oleh pihak perusahaan. Dalam kejadian itu salah seorang warga bernama Ismail babak belur dihajar sekuriti perusahaan.

Dalam pembebasan lahan itu sendiri sempat beberapa kali terjadi bentrok antara warga dengan pemilik lahan.

Sampai saat ini puluhan aparat keamanan dari Polresta Barelang dan diback up Sat Brimob Polda Kepri terus menjaga keamanan di lokasi kerusuhan.