Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Truk Masih Beli BBM Subsidi di SPBU Sekupang
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Senin | 31-10-2011 | 13:16 WIB
truk-mengantri-BBM-di-SPBU-.gif Honda-Batam

Antrian truk di SPBU Sekupang untuk mengisi solar meski larangan penggunaan solar bersubsidi bagi truk dan alat berat telah diberlakukan. (Foto: Roni)

BATAM, batamtoday - Kebijakan Pemerintah Kota Batam yang melarang kendaraan jenis truk untuk membeli bahan bakar minyak bersubsidi masih belum diindahkan oleh pemilik kendaraan maupun petugas SPBU. Seperti di SPBU Sekupang masih ada beberapa truk yang membeli BBM dengan harga subsidi.

 

Pantauan batamtoday di SPBU Sekupang pada, Senin (31/10/2011) siang, terjadi antrian kendaraan yang hendak mengisi BBM jenis solar sampai ke ruas jalan umum yang diduga akibat beberapa hari sebelumnya solar di SPBU tersebut kosong.

Beberapa kendaraan yang ikut mengantri solar di SPBU tersebut merupakan jenis truk yang telah dilarang untuk membeli BBM bersubsidi.

"Kejauhan kalau harus ke Baloi, lagian bahan bakar sudah minim," kata Sitompul, seorang pengemudi truk yang mengantri.

Hal yang sama juga tampak di beberapa SPBU di wilayah Batuaji seperti SPBU Tanjunguncang, SPBU Simpang Base Camp maupun SPBU Genta. Antrian truk-truk besar masuh tampak terlihat mengisi solar.

Sebelumnya, unsur Muspida Kota Batam dan Pertamina telah mengeluarkan kebijakan bahwa kendaraan besar dan alat berat tidak boleh menggunakan BBM subsidi. BBM non subsidi hanya tersedia di SPBU yang telah ditentukan yakni di SPBU Baloi Kolam.

Pelarangan pembelian solar bersubsidi didasari dengan penerbitan surat edaran tentang Pengendalian dan Pengawasan Pendistribuasian Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi di Kota Batam, bernomor 562/Perindagesdm_ESDM/X/2011, pada Senin, tertanggal 24 Oktober 2011 lalu.