Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peresmian Kantor Satgas I Bakorkamla

Komitmen Amankan Wilayah Perairan Indonesia Bagian Barat
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Senin | 03-10-2011 | 14:19 WIB
Bakorkamla.gif Honda-Batam

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Bakorkamla Laksamana Madya TNI Didik Heru Purnomo saat membubuhkan tanda tangannya di atas prasasti sebagai tanda peresmian Kantor Satgas I Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) di Batam. (Foto: Roni Ginting)

BATAM, batamtoday - Guna pengamanan wilayah perairan Indonesia, khususnya perairan Selat Malaka, Kantor Satgas I Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) di Batam diresmikan oleh Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Bakorkamla Laksamana Madya TNI Didik Heru Purnomo pada Senin (03/10/2011).

 

Dalam sambutannya, Didik mengatakan bahwa secara garis besar ada lima tugas pokok Bakorkamla yakni penegakan hukum di laut, menjaga keamanan dan keselamatan di laut, pengawasan lingkungan dan sumber daya hayati di laut, search and rescue serta perbantuan pertahanan.

"Untuk melaksanakan operasi yang dilakukan sifatnya filling the gap, dimana terjadi kekosongan kekosongan dari kegiatan operasi yang dilakukan oleh institusi-institusi yang memiliki kewenangan dilaut. Saling koordinasi dengan institusi yang lain," katanya.

Upaya mengamankan wilayah perairan Indonesia, lanjut Didik, merupakan tugas dan tanggungjawab semua komponen negara. Dimana untuk mencapai hal tersebut diperlukan adanya sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Tanpa peran serta semua pihak, mustahil kita mampu mengamankan wilayah laut yang sangat luas," terangnya.

Guna lebih meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasi serta kelancaran koordinasi, maka Bakorkamla telah membentuk tiga satuan tugas yaitu Satgas I yang berkedudukan di Batam dengan lingkup tugas wilayah perairan Indonesia bagian barat. 

Satgas II berkedudukan di Manado dengan lingkup tugas wilayah perairan Indonesia bagian tengah dan Satgas III berada di Ambon dengan lingkup perairan Indonesia bagian timur.

Peresmian tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo, jajaran TNI serta Kepolisian dan unsur muspida lainnya.