Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Semi Final Copa America 2011

Tekuk Peru, Uruguay Melaju ke Final
Oleh : sn
Rabu | 20-07-2011 | 10:47 WIB
urugol.jpg Honda-Batam

copaamerica2011live.com

PLATA, batamtoday - Tim Uruguay memastikan melaju ke final Copa America 2011, setelah mengalahkan tim Peru 2-0.

Bermain di La Plata, Argentina, Rabu (20/7/2011) pagi WIB, Uruguay tampil menyerang. Sepanjang babak pertama tak ada tim yang mampu membuat gol. Meski Uruguay lebih menguasai permainan namun tak mampu menceploskan bola ke gawang Peru.

Delapan menit memasuki babak kedua, menit 53, barulah Luis Suarez berhasil menceploskan bola ke gawang Peru. Gol Suarez terjadi setelah memanfaatkan bola muntahan dari tendangan keras Diego Forlán. Dengan cepat, Suarez menyambar bola yang lepas dari tangkapan kiper Raúl Fernández. Uruguay memimpin 1-0.

Berselang lima menit kemudian, Suarez menggandakan keunggulan timnya setelah menerima umpan Alvaro Pereira dari tengah lapangan. Skor 2-0 untuk keunggulan Uruguay.

Penyerang klub Liverpool itu sekaligus menambahkan koleksi golnya menjadi tiga, memegang top skor sementara sama dengan Sergio Aguero dari Argentina.

Peru, yang untuk pertama kalinya tampil di semifinal sejak menjadi juara Copa 1975, harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 orang. Di pertengahan babak kedua, Kapten Juan Vargas diganjar kartu merah karena menyikut bek tim lawan, Sebastian Coates.

Meskipun kalah dalam jumlah pemain, Peru sempat mempunyai peluang emas lewat tendangan keras Paolo Guerrero pada menit 83. Sayang, tendangannya masih bisa diantisipasi oleh kiper Muslera. Skor tetap 2-0 untuk kemenangan Uruguay.

Selanjutnya, tim Uruguay, yang tahun lalu menembus semi final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, akan menjalani final pertamanya di Copa sejak 1999. Waktu itu, Uruguay menjadi runner up setelah ditundukkan Brasil 0-3. Terakhir, skuad La Celeste memenangi turnamen Amerika Selatan pada 1995, mengalahkan Brasil.

Pada final Copa America 2011, Uruguay menghadapi pemenang laga semi final antara Paraguay dan Venezuela, yang akan digelar Kamis (21/7/2011) pagi.


Susunan pemain
PERU: Raúl Fernández, Walter Vilchez, Santiago Acasiete, Alberto Rodríguez, Juan Manuel Vargas Risco, Paulo Rinaldo Cruzado, Giancarlo Carmona, Adan Balbín, Victor Yotun (William Chiroque 53'), José Paolo Guerrero, Luis Advincula Castrillon (Carlos Lobatón 60').

URUGUAY: Néstor Fernando Muslera, Diego Lugano, Victor Maximiliano Pereira, José Martín Caceres, Sebastian Coates, Álvaro Pereira, Wálter Alejandro Gargano (Sebastián Eguren Vazquez 70'), Alvaro González, Egidio Arévalo, Diego Martín Forlán, Luis Suárez (Abel Hernandez 70').