Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanjungbatu Kundur Tuan Rumah Kompetisi Divisi Tiga PSSI U-21
Oleh : Khoiruddin Nasution
Jum'at | 08-11-2013 | 09:01 WIB
Pembukaan_PSSI_di_Kundur.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun, Nurdin Basirun, saat membuka kegiatan.

BATAMTODAY.COM, Kundur - Kompetisi Divisi Tiga PSSI U-21 Liga Indonesia XVIII tahun 2013 putaran wilayah Provinsi Kepri dibuka secara resmi oleh Bupati Karimun, Nurdin Basirun, Kamis (7/11/2013) di stadion mini Tanjungbatu, Kundur. 

Kompetisi itu digelar untuk mencari tim terbaik yang akan mewakili Provinsi Kepri pada putaran wilayah Sumatera nanti, serta  memberikan kesempatan kepada atlet dalam membangun prestasi sepak bola.

Pada sambutannya Nurdin meminta kepada seluruh tim kesebelasan yang mengikuti kompetisi untuk menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding. Wasit lapangan maupun hakim garis juga harus mengambil kebijakan serta keputusan yang arif serta bijaksana selama memimpin jalannya pertandingan.

Sementara itu, ketua pelaksana, Arifin Zainuddin, menyampaikan, kompetisi ini akan berlangsung tanggal 7 - 11 November 2013. Sedangkan kesebelasan yang mengikuti pertandingan sebanyak enam tim, yakni PS Putra Kundur (tuan rumah), YSK 757 Karimun, PS Bintan, Tanjungpinang, Persedes Dabo Singkep dan PS Erdeka Muda Batam.

"Pada kompetisi ini ada dua full yakni full A dan B. Yang juara full nantinya akan melanjutkan petandingan kompetisi serupa di Medan. Diperkirakan pelaksanaannya satu bulan ke depan," ujarnya.

Dia menjelaskan, Divisi III Liga Indonesia adalah divisi terbawah di dalam Liga Indonesia. Status klub dan pemain yang bermain di divisi ini adalah amatir. Bahkan, pemain Divisi III dibatasi untuk kelompok umur 21 tahun.

"Tidak ada degradasi dalam kompetisi Divisi III ini. Tetapi ada beberapa tim peringkat teratas yang akan dipromosikan ke Devisi II nantinya," ujarnya.

Divisi III ini, katanya lagi,  mulai diadakan pada tahun 2005 dengan juara musim pertama adalah PSIR Rembang. Namun, pada pertandingan ini dimulai dengan pertandingan di level provinsi untuk memperebutkan jatah berlaga di babak zona nasional nantinya.

"Jatah tersebut berbeda-beda untuk masing-masing Provinsi. Semua tergantung dari jumlah tim Divisi III di Provinsi tersebut," katanya.

Setelah lolos dari level Provinsi katanya lagi, tim yang lolos akan berhadapan dengan tim asal Provinsi lain dalam satu wilayah zona (pulau). Biasanya terbagi atas zona Sumatera 1 dan 2, Jawa 1 dan 2, Kalimantan, Sulawesi 1 dan 2, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

"Setelah melewati babak tersebut, maka tim yang lolos akan berhadapan dengan tim dari zona lain di babak nasional," paparnya.

Sementara itu Ketua PS Putra Kundur, Zulfikar, yang juga sebagai anggota DPRD Karimun dari Partai Hanura saat ditemui di sela acara menyebutkan, terpilihnya Tanjungbatu Kundur sebagai tuan rumah pada Kompetisi Divisi III PSSI U-21, Liga Indonesia XVIII tahun 2013, dikarenakan telah memenuhi syarat penyelenggaraan kegiatan sekelas Divisi III, tingkat Provinsi Kepri.

Pantauan BATAMTODAY.COM, pada hari pembukaan langsung dipertandingkan perdana antara PS Putra Kundur (tuan rumah) dengan PS YSK 757 Karimun, yang dimenangkan oleh PS YSK 757 Karimun skor akhir 3-4. (*)

Editor: Dodo