Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sakit Hati, Si Tukang Jagal Habisi Nyawa Tingting
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 27-02-2013 | 18:37 WIB

BATAM, batamtoday - Terkuak sudah siapa aktor dibalik kasus pembunuhan terhadap Jenni Oei alias Tingting (21), wanita keturunan Tionghoa yang yang ditemukan membusuk di dalam kamar kosnya, di Ruko Penuin Centre Blok OD dan sempat menghebohkan warga Batam beberapa pekan lalu.


Polsek Lubuk Baja akhirnya menetapkan Akun alias Ellen, tetangga kos korban sebagai tersangka pembunuhan setelah menjalani proses penyelidikan yang cukup panjang.

Lelaki yang kesehariannya berprofesi sebagai tukang jagal di rumah pemotongan babi di kawasan Nagoya ini ditetapkan sebagai tersangka setelah dibekuk tim buser Polsek Lubuk Baja di kampung halamannya di Selat Panjang, Riau pada Minggu (24/2/2013) lalu.

"Tersangka sudah dalam pengamanan kita, namun belum bisa kita ekspose ke media sebab masih ada proses penyidikan lebih lanjut," kata Kapolsek Lubuk Baja, Kompol Aris Rusdiyanto kepada batamtoday, Rabu (27/2/2013).

Selain masih harus menjalani proses penyidikan, lanjut Aris, tersangka juga masih harus menjalani perawatan, sebab kondisi kesehatannya yang kurang sehat sejak dijemput dari Selat Panjang.

"Sampai sekarang tersangka masih menjalani rawat jalan karena sakit yang dialaminya itu," ujar mantan Kasat Reskrim Polres Bintan ini.

Penetapan tersangka ini, jelas Aris, berawal dari kecurigaan pihaknya atas keberadaan Ellen, sebab dia sempat menghilang dari Batam dan kabur ke Selat Panjang. Padahal statusnya sebagai saksi saat itu, masih harus melakukan wajib lapor atas kasus pembunuhan tersebut.

"Selain itu, dari penyelidikan kita sudah mengetahui keterlibatan tersangka dari rekaman CCtv yang kita peroleh di TKP," terang Aris.

Dalam rekaman CCTV itu, tersangka Ellen terlihat gelisah dan selalu mondar mandir di lorong jalan menuju ke kamar kos korban. Tersangka juga sempat terekam keluar dari kamar korban usai melakukan pembunuhan itu.

Dari hasil penyidikan, Ellen mengakui jika nekat menghabisi nyawa Tingting sebab sakit hati atas perlakuan kasar dari Tingting sebelum peristiwa itu terjadi. Selain itu Ellen juga cemburu karena cintanya bertepuk sebelah tangan, sebab menaruh hati kepada Tingting.

Sebelum kejadian naas itu terjadi, Ellen sempat mengaku kehilangan dompet. Saat menanyakan itu kepada Tingting, bukannya mendapatkan jawaban yang enak, malah dia sempat mendapatkan makian dari Tingting.

Tingting yang saat itu baru usai keluar dari kamar mandi, langsung dicekik Ellen saat mereka berpapasan di depan kamar mandi. Cengkraman tangan Ellen terus mencekik leher Tingting sampai akhirnya kemudian membenturkannya ke tembok.

Setelah memastikan korban sudah tak lagi bernyawa, Ellen lantas membawanya Tingting ke kamarnya dan menempatkan diatas tempat tidur dalam posisi terlentang tanpa busana, kemudian menggembok pintu kamar akhirnya ditemukan tewas dua hari setelah kejadian.

Editor: Dodo