Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pawai Pembangunan HUT RI ke-79 Pukau Pengunjung, Sejumlah Kendaraan Hias dan 8 Ribu Peserta Ikut Ambil Bagian
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 12-08-2024 | 10:04 WIB
1208_pawai-pemb-batam_034934834871.jpg Honda-Batam
Pawai Pembangunan Kota Batam berlangsung meriah di Dataran Engku Hamidah, Minggu (11/8/2024) (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pawai Pembangunan Kota Batam dalam rangka HUT RI ke-79 berlangsung meriah di Dataran Engku Hamidah, Minggu (11/8/2024). Pawai yang diisi barisan budaya dan sejumlah mobil hias itu diikuti 8 ribu peserta.

Pawai tersebut disejalankan dengan pembagian secara simbolis bendera Merah Putih dalam program 10 juta bendera. Sebelum pelepasan peserta pawai, Walikota Batam Muhammad Rudi membagikan bendera secara simbolis kepada 12 camat se-Kota Batam

Dalam pawai itu, beragam pakaian adat Nusantara hingga beragam mobil hias berbagai bentuk sukses memukau pengunjung. Barisan pawai dimulai dari marching band, Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih, Dekranasda Batam, OPD, Forkopimda, paguyuban, pelajar dan mahasiswa, dan sebagainya, hingga kendaraan hias.

Kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI itu dilepas langsung oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi, serta dihadiri sejumlah pejabat hingga Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

"Selamat HUT ke-79 RI, Pawai Pembangunan ini sebagai bentuk syukur kita menyambut hari kemerdekaan," ujar Rudi.

Rudi juga mengapresiasi para peserta yang sukses menampilkan beragam pakaian adat nusantara. Ia mengaku, dengan beragam adat tersebut, menggambarkan bhineka tunggal Ika terus terjaga di Batam.

"Batam merupakan miniatur Indonesia, bergama suku ada di Batam. Meski berbeda-beda, kita tetap satu," kata Rudi.

Rudi berharap, dengan persatuan yang sudah terjalin di Batam akan terus terawat agar tetap kondusif dan aman. "Persatuan ini menjadi modal penting dalam menyukseskan pembangunan di Kota Batam," katanya.

Sementara itu, Koordinator Pawai Pembangunan 2024, Imam Tohari, melaporkan bahwa Pawai Pembangunan terdiri dari pawai budaya dan kendaraan hias.

"Pawai Pembangunan ini sebagai ajang instansi pemerintah, TNI-Polri, swasta, masyarakat dalam unjuk program kreatifitas, seni dan budaya. Acara ini juga menjadi ruang saling bersilaturahmi antar lembaga," kata Imam

"Untuk tahun ini, total hadiah Rp36 juta," tutup Kepala Satpol PP Kota Batam tersebut.

Editor: Surya