Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menteri Perdagangan Resmikan Pasar Aviari Jadi Pasar Tertib Ukur
Oleh : Ocep/Gokli/Dodo
Senin | 23-07-2012 | 11:23 WIB

BATAM, batamtoday - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan meresmikan Pasar Aviari sebagai Pasar Tertib Ukur secara nasional, Senin (23/7/2012).


Mendag Gita Wirjawan tiba ke Pasar Aviari, Batu Aji, Batam sekitar pukul 09.30 WIB. Setibanya di Aviari, Mendag terlebih dahulu mendatangi sejumlah kios ikan dan daging dan menanyakan kondisi harga terkini kepada para pedagang.

Setelah itu Mendag mengecek kesiapan Pos Ukur Ulang yang terletak di pintu masuk Utara Pasar Aviari.

Mendag Gita Wirjawan memberikan penghargaan kepada Pasar Aviari sebagai Pasar Tertib Ukur.

Hal itu ditandai dengan piagam penghargaan kepada pengelola Pasar Aviari dan pemberian sarana kemetrologian berupa pos ukur ulang dan timbangan pengganti sebagai kompensasi kepada pedagang yang sarana timbangannya tengah ditera ulang.

Menurut Gita, pengadaan pos ulang tersebut sebagai kelengkapan Pasar Aviari sebagai Pasar Tertib Ukur.

"Pos ini agar dapat digunakan oleh konsumen untuk mengukur ulang apabila konsumen yang bersangkutan meragukan kebenaran berat barang yang baru dibelinya," jelas Gita.

Pasar Aviari sendiri telah dipersiapkan sebagai Pasar Tertib Ukur di Kota Batam sejak awal 2012.

Mendag berharap dengan pemberian status Pasar Tertib Ukur ini, pengelola Pasar Aviari dapat memiliki data yang valid tentang jumlah, jenis dan pemilik timbangan dan melakukan pembinaan kepada para pedagang terhadap keakuratan alat timbangannya.

Dengan adanya peresmian ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah menetapkan Batam sebagai salah satu daerah Tertib Ukur.

Pada akhir 2011, Kemendag telah meresmikan Kota Singkawang sebagai daerah Tertib Ukur pertama. 
Sedangkan pada tahun ini Kemendag mencanangkan tiga daerah Tertib Ukur lainnya, yakni Kota Batam, Kota Balikpapan dan Kota Surakarta.

Sedangkan untuk pasar, pada 2010 telah ditetapkan 56 pasar sebagai Pasar Tertib Ukur dan pada 2012 dicanangkan kembali 30 pasar termasuk Pasar Aviari di Kota Batam.