Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KRI Alamang Gagalkan Upaya Penyelundupan 1.673 Bal Rokok Asal Singapura
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Senin | 29-03-2021 | 12:09 WIB
KRI-Siamang1.jpg Honda-Batam
Komandan Guskamla Koarmada I, Laksamana Pertama Yayan Sofiyan saat ekspose penangkapan 1.673 bal rokok tanpa cukai. (Putra Gema/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Guskamla Koarmada I TNI-AL menggagalkan upaya penyelundupan ribuan bal rokok tanpa cukai asal Jurong, Singapura.

Komandan Guskamla Koarmada I, Laksamana Pertama Yayan Sofiyan, mengatakan, KRI Alamang yang berada di bawah kendali tugas Koarmada I berhasil mengamankan KM Karya Sampurna yang mengangkut 1.673 bal rokok tanpa cukai.

Diungkapkannya, 1.673 bal rokok tanpa cukai tersebut masuk ke Indonesia melalui pelabuhan resmi Batu Ampar menggunakan 2 kontainer.

"Ini merupakan modus operandi baru, mereka berangkatkan rokok dari Jurong ke Batam menggunakan kontainer dan memiliki manifest. Lalu rokok-rokok tersebut bongkar muat ke KM Karya Sampurna. Berdasarkan surat izin berlayar, mereka akan ke Thailand," kata Yayan di dermaga Lanal Batam, Minggu (28/3/2021) sore.

Lanjut Yayan, KRI Alamang mencurigai kapal tersebut dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan di sekitar pelabuhan Batu Ampar.

Pada saat pemeriksaan, Yayan mengungkapkan bahwa Nahkoda tidak bisa menunjukan surat-surat ribuan bal rokok tersebut. Tidak hanya itu, pihaknya juga mendapati surat izin berlayar ke Thailand yang dikeluarkan oleh otoritas pelayaran.

"Setelah diselidiki lebih jauh, nahkoda kapal mengakui bahwa rokok-rokok ini akan dibawa ke perairan Tanjung Berakit dan akan dipindahkan ke kapal cepat, lalu dikirimkan ke berbagai daerah di wilayah Indonesia. Jadi tidak berangkat ke Thailand," ungkapnya.

Atas tindakan tersebut, pihaknya mengamankan ribuan bal rokok merk Yutu, Opona dan KTV dengan perkiraan nilai jual sebesar Rp 5 miliar.

"Kapal beserta 8 anak buah kapal dan nahkoda kami amankan dan serahkan ke Lanal Batam untuk dilakukan pendalaman," tutupnya.

Editor: Yudha