Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selundupkan Mayat ABK WNI dari Kapal China, Pelaku Kantongi Ratusan Juta Rupiah
Oleh : Hadli
Kamis | 13-08-2020 | 15:20 WIB
evakuasi-jenazah-wni21.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Proses evakuasi jenazah ABK WNI dari kapal ikan China Lu Huang Yuan Yu 118 di dermaga Lanal Batam berbendera. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ditreskrimum Polda Kepri berhasil mengamankan 3 warga Batam yang melakukan penjemputan 3 jenazah ABK WNI dari atas kapal ikan China Hu Yuan Fu 829 di laut OPL Sekupang.

Direskrimum Polda Kepri Kombes Pol Arie Dharmanto menjelaskan, berkat adanya informasi dari masyarakat, pihaknya melakukan penelusuran. Dari penelusuran yang dilakukan, diketahui tiga mayat tersebut dibawa oleh boat pancung ke salah satu pelabuhan di Sekupang.

"Saat ini masih dalam pemeriksaan. Keterangan mereka berubah-ubah," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Kepri, Kombes Pol Arie Dharmanto kepada BATAMTODAY.COM di Mapolda, Kamis (13/08/2020).

Arie juga mengungkap upah menyeludupkan 3 mayat ABK tersebut, nilainya sangat menggiurkan. Ratusan juta rupiah dapat dikantongi dengan sekejap.

"Nilainya ratusan juta, pastinya berapa masih kita selidiki. Karena ketiga pelaku yang kita amankan keterangannya selalu berubah-ubah," ujarnya.

Arie menambahkan, pengakuan salah satu pelaku yang menyeludupkan mayat ABK Fu Yuan Yu 829, ia nya di hubungi oleh nama dan nomor yang tidak dikenal.

Komonikasi yang terjalin, tambah Arie, disepakati mereka untuk mengambil tiga mayat saat kapal ikan China itu melintas di laut OPL perairan Sekupang.

Sebelumnya, polisi mengamankan tiga orang warga Batam berkaitan dengan penjemputan tiga jenazah ABK WNI dari atas Kapal Ikan Hu Yuan Fu 829 asal China.

"Saat ini masih dalam pemeriksaan. Keterangan mereka berubah-ubah," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri, Kombes Pol Arie Dharmanto kepada Batamtoday di Mapolda, Kamis (13/08/2020).

Arie menjelaskan, berkat adanya informasi dari masyarakat, pihaknya melakukan penelusuran. Hasil penelusuran diketahui, tiga mayat tersebut dibawa oleh bout pancung ke salah satu pelabuhan di Sekupang.

Editor: Dardani