Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Mobil Pengangkut Rusak, Sampah di Simpang Nato Sagulung Menggunung
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 10-08-2020 | 14:52 WIB
A-GUNUNG-SAMPAH_jpg2.jpg Honda-Batam
Dua bin kontainer tampak penuh dengan sampah di simpang Nato kelurahan Seibinti Kecamatan Sagulung Batam. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tempat pembuangan sementara (TPS) sampah di pinggir jalan umum di Simpang Nato, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, menjadi gunung sampah. Bahkan, sampah itu sudah meluber keluar dari bin kontainer yang tersedia di lokasi.

Kondisi ini membuat warga sekitar membuang sampah rumah tangga tersebut di luar bin kontainer, Lantaran bin kontainer tersebut telah penuh dengan sampah.

Pantauan di lokasi, tampak dua bin kontainer penuh dengan sampah. Sampah-sampah plastik juga tampak berserakan dipinggir jalan.

Hal itu dipicu oleh lambatnya pengangkatan atau penggantian bin kontainer yang dingakut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam.

"Ini sudah sering terjadi, sampah sudah penuh di bin kontainer, tapi dibiarkan begitu saja. Jadi saat melintas mau busuk sangat menyengat," ujar Juki, warga Kelurahan Seibinti, Kecamatan Sagulung, Senin (10/08/2020) siang.

Diketahui empat dari enam unit armada mobil pengangkut bin kontainer dari TPS milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam di wilayah Sagulung mengalami kerusakan.

Hal itu membuat hanya dua unit armada arm roll yang beroperasi mengangkut sampah dari TPS wilayah Sagulung, yang memicu menggunungnya sampah di sana.

Kepala Bidang Sampah DLH Kota Batam, Faisal, menjelaskan, pelayanan penggantian bin kontainer di TPS wilayah Sagulung, akan mengalami kendala satu sampai dua minggu ke depan.

"Armada yang beroperasi di Sagulung untuk mengganti bin konatiner hanya dua unit, biasanya enam unit perhari," jelas Faisal.

Meskipun demikian ia mengaku terus memberikan pelayanan pengangkutan sampah secara maksimal, meskipun hanya dua unit armada bin kontainer yang beroperasi.

Ia mengaku saat ini empat armada bin kontainer yang rusak masih dilakukan perbaikan. Ia berharap empat mobil bin kontainer cepat selesai diperbaiki, agar bisa melayani pengangkutan sampah.

"Mudah-mudahan minggu ini sudah ada penambahan armada untuk mengangkut dan mengganti bin kontainer di wilayah Sagulung," pungkasnya.

Editor: Dardani