PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sepanjang Tahun 2019, Tiga Perusahaan Baru Investasi di Batam
Oleh : Hendra
Kamis | 12-09-2019 | 11:52 WIB
pegatron-btm.jpg honda-batam
PT Pegatron Technology Indonesia. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tiga perusahaan baru disebutkan telah berinvestasi di Kota Batam sepanjang tahun 2019 ini. Ketiga perusahaan ini diharapkan mampu menutup kepergian dua perusahaan yang menyatakan diri akan hengkang dari Pulau Batam, PT Foster dan PT Unisem.

Rudi Sakyakirti, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Batam, di Aula MPH Batamindo Industrial Park, Selasa (10/9/2019), mengatakan, tahun ini ada tiga perusahaan yang berinvestasi di Batam.

"Ketiga perusahaan itu antara lain adalah PT Pegatron Technology Indonesia, PT Maruho Hatsujyo, dan PT Simatelex Manufactory, yang semuanya ada di kawasan Batamindo," ujar Rudi.

Untuk PT Pegatron, Rudi menambahkan, sudah ada sekitaran 300 lebih pekerja yang telah resmi bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang produksi komponen produk smartphone, seperti komputer, alat-alat telekomunikasi nirkabel, dan komponen smartphone.

Sementara PT Maruho Hatsujyo Batam, dan PT Simatelex Manufactory Batam, katanya, merupakan perusahaan yang berasal dari Jepang dan Hongkong. PT Maruho disebutkan bergerak di jasa manufaktur spring wayer, yang banyak dipakai untuk alat-alat elektronik.

Informasinya, mereka disebutkan hanya membutuhkan tenaga kerja 70 orang. "Memang tak terlalu banyak tenaga kerja yang dibutuhkan, karena perusahaannya sudah menerapkan format industri 4.0," kata Rudi.

Sedangkan terakhir PT Simatelex, bergerak di bidang manufaktur industri peralatan listrik rumah tangga dan industri peralatan elektrotermal rumah tangga. "Perusahaan ini juga merupakan hampir menerapkan format revolusi industri 4.0," pungkasnya.

Editor: Gokli