Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPMD Lingga Beri Pelatihan Pengolahan Buah Pisang ke IRT Desa Bukit Belah
Oleh : Bayu Yiyandi
Jum\'at | 30-08-2019 | 16:28 WIB
pelatihan-lingga1.jpg Honda-Batam
Ibu rumah tangga Desa Bukit Belah antusias mengikuti pelatihan pengolahan buah pisang dari DPMD Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) memberikan pelatihan kepada puluhan ibu rumah tangga (IRT) di Desa Bukit Belah, Kecamatan Singkep Barat untuk mengolah buah pisang menjadi produk yang berkualitas serta berdaya jual tinggi, Jum'at (30/8/2019).

Pelatihan di bimbing langsung oleh narasumber yang didatangkan DMPD dari Forum Posyantek Nasional Mobisa His Teknologi Kota Tangerang Selatan dan Batam.

Kepala DPMD Lingga Dodi Suhendra, saat membuka pelatihan tersebut mengatakan bahwa kegiatan itu di inisiasi oleh desa Bukit Belah. Ia juga melihat berdasarkan data potensi yang ada, bahan baku pisang masih melimpah dan mudah dijumpa di Lingga. Sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan dengan baik dan hanya sekedar menjual buahnya saja.

"Bahan baku yang melimpah ini kalau diolah dengan baik menjadi aneka calemilan yang sangat tinggi nilai jualnya. Maka dari itu kita menggelar pelatihan agar memotivasi masyarakat dalam menciptakan peluang usaha yang masih bisa dikerjakan di rumah," ujar Dody.

Melalui pelatihan diharapkan muncul para enterpreneur-enterpreneur baru penghasil produk khas Kabupaten Lingga.

Disamping itu, Dody mengaku pelatihan yang diberikan merupakan awal dari sederet pelatihan-pelatihan dan fasilitasi lainnya. Kedepan akan ada monitoring dan evaluasi secara berkala bagi para peserta untuk mengetahui seberapa besar motivasi dan komitmen mereka dalam berwirausaha.

"Ke depan kami akan lihat siapa saja dari puluhan ibu-ibu ini yang mempunyai semangat wirausaha. Masih banyak pelatihan lainnya seperti pelatihan packaging, pemasaran online dan fasilitasi legalitas usaha, yang semua itu dibutuhkan pada tumbuh kembang sebuah IKM yang berhasil," tutup Dodi.

Editor: Yudha