Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

UNDP Serukan Kaum Muda Ambil Peran Besar dalam Transisi Energi Bersih

05-06-2021 | 09:56 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemuda Indonesia memegang kunci untuk mendorong aksi nasional untuk mengadopsi gaya hidup hijau bebas emisi, dengan cara-cara inovatif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, kata para ahli dan influencer muda dalam webinar yang diselenggarakan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) menandai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Berjudul "Hemat Energi, Tetap Ramah Lingkungan", acara virtual ini menghadirkan pembicara kunci dari pemerintah, pengusaha muda dan aktivis lingkungan. Proyek Transformasi Pasar untuk Energi Terbarukan dan Efisiensi Energi (MTRE3) UNDP menyelenggarakan acara tersebut bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Banjir di Kalimantan Timur, Bencana Alam atau Akibat Ulah Manusia?

29-05-2021 | 10:32 WIB

BATAMTODAY.COM, Samarinda - Dua kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, diterjang banjir besar, saat Lebaran Idul Fitri 2021. Lebih dari 2.500 rumah tangga di Kabupaten Berau dan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terdampak bencana ini, yang sebagian warga harus mengungsi.

Hujan dengan intensitas tinggi membuat debit air Sungai Kelay dan Sungai Segah di Kabupaten Berau meluap. Luapan terjadi sejak Kamis (13/5/2021) pukul 18.00 Wita, merendam dua kecamatan di Berau. Kondisi serupa terjadi pada Sungai Wahau, yang meluap.

Di KTT Iklim Joe Biden, DEN Paparkan Transisi Energi Indonesia

27-04-2021 | 16:20 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Satya Widya Yudha memaparkan strategi transisi Indonesia di forum paralel dengan Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim, yang digagas Presiden AS Joe Biden secara virtual.

Muhaimin Iskandar Ajak Masyarakat Bangun Nasionalisme Lingkungan

23-04-2021 | 09:24 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Earth Day 2021 atau Hari Bumi Sedunia diperingati setiap 22 April. Tahun ini hari bumi diperingati dengan tema: 'Restore Our Earth' atau Pulihkan Bumi Kita.

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar, mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup rendah karbon untuk menjaga bumi dari kerusakan dan menerapkan green development sebagai cara membangun Indonesia yang lebih berkelanjutan.

Partai Gelora Desak AS dan RRC Laksanakan Komitmen Mereka Dalam Upaya Atasi Perubahan Iklim

21-04-2021 | 13:36 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Partai Gelora Indonesia memberikan apresiasi yang mendalam atas pertemuan Amerika Serikat dan Republik Rakyat Cina (RRC) membahas upaya bersama untuk mengatasi perubahan iklim di Shanghai minggu lalu. 

Sowang, Kayu Endemik Papua yang Digunakan Sejak Zaman Prasejarah

19-04-2021 | 11:48 WIB

PAPUA merupakan wilayah yang memiliki kekayaan alam dan keragaman ekosistem mengagumkan. Terlebih, flora dan fauna endemiknya. Dari sekian banyak tumbuhan khas tersebut, salah satunya adalah kayu sowang, yang hanya akan ditemukan di pegunungan Cycloop, gunung yang berdiri megah di antara Kota dan Kabupaten Jayapura.

Kayu sowang memiliki nama latin Xanthosthemon novaguineense Valeton. Di Indonesia hingga saat ini tercatat lima jenis yaitu Xanthostemon confertiflorus, Xanthostemon natunae, Xanthostemon petiolatus, Xanthostemon verus, dan Xanthostemon novoguineensis. Spesies yang disebutkan terakhir merupakan satu-satunya jenis Xanthostemon yang hingga saat ini baru dilaporkan dari Papua.

Ekidna, Hewan Aneh yang Nenek Moyangnya Sezaman Dinosaurus

07-04-2021 | 12:11 WIB

PERNAHKAH Anda mendengar nama ekidna? Ya, hewan yang bentuk tubuhnya menyerupai landak ini merupakan penghuni asli hutan Papua. Ekidna juga disebut sebagai hewan aneh karena merupakan jenis mamalia, namun bertelur (monotremata). Jika telurnya menetas, ia akan menyusui anaknya sebagai mamalia.

Bagi masyarakat di Papua, terutama mereka yang mendiami lereng-lereng bukit di Cagar Alam Pegunungan Cyclops, satwa ini disebut dengan nama babi duri.

Petisi Online untuk Suarakan Kepedulian Lingkungan

06-04-2021 | 12:40 WIB

BANYAK CARA untuk menyuarakan persoalan lingkungan. Salah satunya melalui petisi online, sebagaimana yang dilakukan Gheby Vadhyla Isnainy, Indah Kholifah, dan Putri Lisya Anggraini.

Menurut Gheby, petisi merupakan bentuk penyataan yang dikemukakan kepada pemegang kekuasaan atau pemangku kebijakan.