Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sering Over Kapasitas, Dishub Lingga Usulkan Kapal Pengganti Roro KMP Paray
Oleh : Bayu Yiyandi
Kamis | 10-08-2017 | 14:38 WIB
KMP-Paray-Lingga11.gif Honda-Batam
Kapal Roro KMP Paray. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Minimnya kapasitas kapal roll on roll off (Roro) KMP Paray sudah tidak memadai lagi untuk melayani dua pulau besar, yakni Lingga dan Singkep. Kapal tersebut sudah sering mengalami over kapasitas.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga Yusrizal mengatakan, sebelumnya telah menyurati pihak ASDP agar dapat mengganti kapal KMP Paray dengan kapal yang memiliki kapasitas lebih besar. Mengingat peminat pengguna jasa transportasi laut tersebut semakin meningkat.

"Kita sudah mengajukan surat untuk penggantian kapal dengan kapasitas yang lebih besar. Sementara kondisi kapal yang ada di Indonesia ataupun milik ASDP ini dengan kapasitas besar sudah melayani sejumlah tempat. Kalau kita tarik ke sini, otomatis pelayanan di daerah itu terganggu," katanya kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (10/8/2017).

Namun, walaupun begitu, Yusrizal mengaku pemerintah pusat juga telah menganggarkan pembuatan kapal roro untuk melayani rute Penarik - Jagoh tersebut sebagai pengganti KMP Paray.

"Pusat sudah menganggarkan pembuatan kapal roro Penarik - Jagoh, lebih kurang 300 GT. Nanti yang akan melayani rute di Lingga itu kapal lain. Kalau tidak salah saya, antara tahun 2017-2018 nanti," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, untuk rute Penarik-Jagoh yang menghubungkan antara Pulau Lingga dan Pulau Singkep itu masih dilayani kapal roro tua (KMP Paray) yang memiliki kapasitas penumpang dan barang sangat kecil.

Saat ini, kapal itu juga belum bisa beroperasi karena masih melakukan perpanjangan izin berlayar dan docking kapal.

Editor: Yudha