Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gaktiblin, Personel Polresta Tanjungpinang Jalni Tes Urine dan Pemeriksaan Disiplin
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 08-10-2024 | 15:24 WIB
Gaktiblin-TPI.jpg Honda-Batam
Personel Propam Polda Kepri saat memeriksa Kartu Tanda Anggota (KTA), SIM, sikap tampang personel, termasuk kerapian seragam dan penampilan seperti rambut, kumis, dan janggut personel Polresta Tanjungpinang, Selasa (8/10/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Propam Polda Kepulauan Riau (Kepri) menggelar kegiatan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiblin) di Mapolresta Tanjungpinang, Selasa (8/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan memastikan kedisiplinan anggota kepolisian serta mencegah pelanggaran dalam rangka meningkatkan profesionalisme mereka di lapangan.

Wakapolresta Tanjungpinang, AKBP Arief Robby Rachman, menyatakan kegiatan Gaktiblin merupakan bagian rutin dari upaya menjaga kedisiplinan anggota Polri di seluruh wilayah hukum Polda Kepri. "Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas dan kami menyambutnya dengan terbuka, karena ini adalah bagian dari aturan kepolisian yang harus ditegakkan," jelasnya.

Dalam pemeriksaan tersebut, Propam memeriksa Kartu Tanda Anggota (KTA), SIM, serta sikap tampang personel, termasuk kerapian seragam dan penampilan seperti rambut, kumis, dan janggut. Selain itu, tes urine dilakukan untuk memastikan personel bebas dari penyalahgunaan narkoba. Berdasarkan hasil tes, tidak ada personel yang terindikasi menggunakan narkoba.

Namun, beberapa anggota diminta untuk memperbarui KTA dan menyesuaikan penampilan sesuai dengan aturan yang berlaku. "Untuk tes urine, hasilnya negatif. Namun ada beberapa yang harus menyesuaikan penampilan," ungkap AKBP Arief.

Ia menambahkan, pelanggaran yang ditemukan akan ditindaklanjuti dengan tegas sesuai prosedur yang berlaku.

Editor: Gokli