Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Imbau Warga Lingga Waspada Modus Penipuan Lewat SMS dan Telepon
Oleh : Nur Jali
Sabtu | 10-06-2017 | 10:13 WIB
penipuan-01.gif Honda-Batam
Screen shoot via faceebook. (Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Belakangan ini pesan singkat (SMS) dan telepon mengatasnamakan pejabat Kepala Dinas Pendidikan dan Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Lingga beredar luas di kalangan masyarakat. Pesan maun telepon itu meminta bantuan uang, jelang lebaran.

Menyikapi persoalan itu, Kapolres Lingga, AKBP Ucok Lasdin Silalahi meminta warga untuk waspada. Pasalnya, pesan dan telepon tersebut bisa saja modus penipuan yang mengatasnamakan seorang pejabat.

"Jika ada yang seperti itu, tolong langsung tanya yang bersangkutan. Jangan langsung diladeni sebelum dikonfirmasi pihak yang bersangkutan. Bisa jadi itu modus penipuan," kata Ucok, saat dikonfirmasi BATAMTODAY.COM, Sabtu (10/6/2017).

Pesan yang mengatasnamakan pejabata di Lingga itu telah diunggah beberapa orang ke media sosial. Banyak yang menganggapi bahwa pesan itu merupakan penipuan dan sudah ada korban, bahkan pihak yang menanggapi juga meminta warga lainnya untuk waspada.

"Penipuan melalui media sosial dan telepon perlu diwaspadai. Masyarakat perlu bijak menyikapinya," ujar Kapolres Lingga.

Sementara itu aktivis LSM Kabupaten Lingga, Kasmiran menyarankan agar nama-nama yang dicatut yang saat ini dan beredar luas di media sosial segera dilaporkan kepada pihak berwajib, agar isu-isu tersebut tidak menjadi fitnah dan pelaku mendapatkan efek jera.

"Kita sarankan untuk melapor ke Polisi supaya jelas, apakah itu benar atau hanya penipuan," sebutnya.

Postingan -postingan tersebut menyebutkan bahwa penelpon mengatasnamakan Kasiman Kadisdik Lingga dan Said Nursyahdu Kepala Dinas PUPR juga meminta dan meminjam sejumlah uang untuk keperluan tertentu.

Editor: Gokli