Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tangkal Paham Radikalisme

Polres Tanjungpinang Gelar Giat Sambang Dzuhur Keliling Masjid
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Jum\'at | 09-06-2017 | 17:14 WIB
Binmas-Polres-TPI.gif Honda-Batam
Sat Binmas Polres Tanjungpinang melaksanakan kegiatan

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Satuan Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polres Tanjungpinang melaksanakan kegiatan "Sambang Dzuhur Keliling" ke masjid di Tanjungpinang, Jumat (9/6/2017). Tujuannya untuk mengantisipasi dan memberikan pemahaman terkait paham radikalisme yang mengganggu kenyamanan dan keamanan masyarakat.

Kasat Binmas Polres Tanjungpinang, AKP Effendri Alie, mengatakan bahwa kegiatan ini dari segi agama merupakan program yang sangat ampuh dan efektif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menjalankan ibadah. Apalagi kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadakan bertepatan dengan bulan puasa.

"Kegiatan ini upaya polisi untuk dapat bertemu langsung dengan masyarakat dan dapat beribadah di Masjid bersama-sama dengan masyarakat ?untuk menyampaikan pemahaman radikalisme," ujar Effendri saat ditemui di Mapolres Tanjungpinang.

Menurutnya, pemahaman radikalisme ini sangat penting diketahui oleh masyarakat Tanjungpinang. Dikarenakan radikalisme dapat merusak keberagaman dan dapat menjadi teror yang tidak dapat ditoleransi lagi.

Kegiatan ini katanya lagi, rutin dilaksanakan dari hari Senin hingga Jumat ke seluruh Masjid secara bergantian di Tanjungpinang.

"Kegiatan ini rutin kita lakukan secara berkeliling dan saat salat Dzuhur selesai, kita meminta waktunya selama 10 menit, terkait dengan penyampain paham radikalisme ini," katanya.

Atas kegiatan tersebut, masyarakat menyambutnya dengan hati yang senang. Sebab hal itu sangat dibutuhkan bagi masyarakat untuk mengetahui gerakan dan kegiatan radikalisme? yang bisa saja muncul di tengah masyarakat.

"Kita sangat terbantu dengan kegiatan ini, di mana kita sebagai orang a?wam yang tidak mengerti paham seperti itu menjadi mengerti dan jadi mengetahui langkah yang harus diperbuat saat kita mengetahui ada kegiatan yang mencurigakan, terkait dengan radikalisme," ujar M.Yusuf, salah satu masyarakat yang mendengarkan kegiatan ini.

Selain melakukan kegiatan itu, Binmas Polres Tanjungpinang juga melakukan kegiatan "Sambang ke Pasar Tanjungpinang" yang ditargetkan kepada pedagang dan ?masyrakat yang ada di sejumlah pasar.

Dalam kegiatan ini, Polisi menyampaikan untuk dapat mewaspadai tindakan kriminalitas di saat bulan puasa dan lebaran nanti.

Editor: Udin