Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sapi Metal, Sapi Kurban Paling Mahal
Oleh : Gokli/Dodo
Rabu | 02-11-2011 | 13:32 WIB
sapi-metal.gif Honda-Batam

Jenis sapi Metalimosin yang harganya mencapai Rp24 juta per ekor.

BATAM, batamtoday - Banyaknya jenis-jenis sapi yang didatangkan para penjual untuk kurban, ternyata didapati sapi jenis Metalimosin atau sapi Metal yang paling mahal.

 

Sapi Metalimosin ini harganya dari Rp18 juta sampai Rp24 juta, dimana harga Rp18 juta tersebut untuk ukuran tubuh paling kecil dan harga Rp24 juta untuk harga dengan tubuh besar.

Menurut salah seorang penjual sapi kurban, Tumiran (65) di lokasi peternakan Sei Temiang menyebutkan mahalnya sapi jenis Metalimosin disebabkan ukuran badan sapi tersebut jauh lebih besar dari ukuran sapi biasanya.

"Kalau badannya besar, otomatis dagingnya juga banyak," ungkap Tumiran warga Kampung Becek, Sagulung kepada batamtoday, Rabu (2/11/2011).

Tumiran menambahkan sapi jenis Metalimosin disamping tubuhnya besar, daging yang dihasilkan juga tidak banyak lemak.

"Daging sapi jenis Metalimosin banyak daging merahnya, untuk lemak sedikit saja," katanya.

Masalah perawatan sapi Metalimosin ini sama saja dengan sapi jenis-jenis lainnya, tidak ada yang terkecuali. Hanya saja modal untuk mendatangkan sapi Metalimosin ini butuh biaya besar.

"Modal beli Sapi Metalimosin ini mahal. Kalau perawatan sama saja dengan sapi lain," terang Tumiran tanpa menyebutkan berapa harga awalnya dia beli.

Sampai dengan saat ini, sapi-sapi yang dijual Tumiran untuk hari raya Idul Adha mencapai 65 ekor, dua ekor diantaranya sapi jenis Metalimosin dan sisanya sapi yang didatangkan dari Jawa dan Bali.

"Sekarang sapinya tinggal 65 ekor, awalnya saya datangkan 70 ekor dan dua minggu terakhir ini sudah laku 5 ekor," tutup Tumiran dengan wajah berseri.