Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekitar Satu Jam Api yang Melahap Rumah Agus Berhasil Dipadamkam
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Jum\'at | 19-05-2017 | 19:50 WIB
Rumah-Agus-terbakar1.gif Honda-Batam
Api melahap rumah Agus (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kurang lebih satu jam, kobaran api yang melalap rumah Muhammad Agus di Jalan Haji Agus Salim, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang, Jumat (19/5/2017) sekitar pukul 17.15 WIB, berhasil dipadamkan petugas pemadam kebakaran yang mengerahkan 6 unit mobil pemadam.

Kapolsek Tanjungpinang Barat, AKP Yuhendri Yanuar, mengatakan, api sekitar satu jam telah berhasil dipadamkan oleh pihak pemadam kebakaran. Sebanyak 6 unit mobil kebakaran, 3 dari Pemprov Kepri dan 3 dari Pemko Tanjungpinang, diturunkan untuk memadamkan api.

"Kita dapat laporan tadi sekitar pukul 18:00 dan sekarang api telah berhasil dipadamkan, "ujar Yuhendri saat ditemui di depan Cafe Rotbeen.

Yuhendri mengungkapkan, pihaknya kesulitan untuk mengecek dan menuju ke tempat kejadian kebakaran itu. Sebab posisinya berada di dalam gang sempit serta dihimpit oleh dua cafe yang ada di sana.

"Kita juga kesulitan untuk masuk. Tadinya kita duga cafe, ternyata yang terbakar adalah satu unit rumah petak," katanya.

Sebelumnya diberitakan, rumah Muhammad Agus di Jalan Bukit Semprong, RT 1 RW 5 Tanjungpinang Barat habis dilahap si jago merah. Menurut warga sekitar, kebakaran ini terjadi pada Jumat (19/5)2017) sekitar pukul 18.00. Namun menurut sumber lain, kebakaran terjadi saat azan Magrib.

Agus merupakan seorang duda yang memiliki 3 orang anak. Dia dikenal sangat rajin beribadah dan baik hati. Di rumah yang terbakar tersebut, Agus tinggal bersama 2 orang putranya, sementara anaknya yang satu lagi telah menikah dan tinggal di rumahnya sendiri.

"Tadi dia berangkat ke masjid, sama anaknya. Eh tidak lama, saya dengar ada yang teriak kebakaran. Saya lihat ternyata rumah Pak Agus," tutur Reda, tetangga Agus.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM, di lokasi, memang keadaan rumah Agus sudah tidak tertolong lagi. Rumahnya yang semi permanen tersebut sudah habis dilahap api. Menurut warga, cepatnya api menjalar dikarenakan faktor angin yang cukup kencang.

"Angin kencang bang, karena ini kan di atas bukit, makanya apinya cepat merebak," tutur Abdul Rahman, warga sekitar.

Pasukan pemadam kebakaran sendiri terlihat telah gesit memadamkan api. Mereka juga kewalahan dikarenakan posisi rumah yang terletak jauh di dalam gang, sementara jalan sempit. Yang terlihat, Damkar menurunkan 3 unit mobil pendaman. Dari pantauan juga, api sudah mulai mereda dan hampir padam.

Editor: Udin