Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan Kios di Jodoh Center Ludes Dilalap Api
Oleh : Gokli / Magid
Jum'at | 28-10-2011 | 10:41 WIB
DSC_0867.jpg Honda-Batam

Pintu pusat perbelanjaan Jodoh Center terlihat diberi garis Polisi. Foto:Iwan/batamtoday

BATAM, batamtoday - Puluhan kios di lantai dua pusat perbelanjaan Jodoh Center Bengkong, ludes dilalap api, Jum'at (28/10/2011) sekitar pukul 00.15 WIB dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut keterangan saksi mata, Jhon Saputra, api yang melalap puluhan toko tersebut diduga berasal dari arus pendek listrik. Asap terlihat mengepul dari lantai II pusat perbelanjaan yang terletak di bilangan Bengkong tersebut.

"Awalnya saya dapat SMS dari kawan, Saya kesini, ternyata benar asap sudah mengepul di lantai II,"ungkap Jhon Saputra salah seorang pedagang kaset di depan Jodoh Center.

Begitu kepulan asap itu sudah menyelimuti lantai dua Jodoh Center, lanjut Jhon, warga di sekitar Bengkong langsung berkerumun melihat kejadian. Beberapa diantaranya menghubungi petugas pemadam. Tak berselang lama, sejumlah armada pemadam kebakaran pun terjun ke lokasi dan melakukan pemadaman.

"Beberapa jam kemudian, api sudah berhasil dipadamkan," paparnya.

Terkait penyebab kebakaran tersebut, hingga kini masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian. Kapolsek Bengkong Ajudan Komisaris Polisi (AKP) Catur Kusmedi yang dihubungi mengaku pihaknya belum dapat memastikan penyebab kebakaran, namun dugaan kuat memang mengarah pada hubungan arus pendek listrik.

"Penyebab pastinya masih kita selidiki, namun dugaan sementara karena arus pendek," tegasnya.

Pantauan batamtoday di lokasi kejadian sekitar pukul 07.00 WIB, pagi tadi, puluhan pemilik toko masih menunggu di luar pusat perbelanjaan itu bersama puluhan karyawan, sementara pintu masuk pusat perbelanjaan terlihat disegel dengan garis polisi.

Disamping itu, kondisi Jodoh Center rusak parah dibagian kanca depan lantai dua, dan pecahan-pecahan kaca terlihat masih berserakan. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.