Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rawon Setan, Lezatnya Bikin Kesetanan
Oleh : Dodo
Minggu | 23-10-2011 | 16:53 WIB
Rawon-Setan.gif Honda-Batam

Jack Bernard di depan outlet Rawon Setan "Mbak Endang" di kawasan Nagoya. (Foto: Dodo)

BATAM, batamtoday - Mendengar kata 'setan', tentunya akan menggiring imajinasi kita ke sesuatu hal yang menakutkan. Namun bagaimana jika kata "setan' itu disandingkan dengan makanan khas Jawa Timur yakni rawon?

 

"Jadinya adalah Rawon Setan yang lezatnya membikin penikmatnya kesetanan," kata Jack Bernard, pemilik franchise Rawon Setan "Mbak Endang" dalam perbincangan dengan batamtoday di salah satu outletnya di kawasan Nagoya, Minggu (23/10/2011).

Jack mengatakan nama Rawon Setan diperoleh atas ide para pelanggannya karena rumah makan yang dibukanya di kawasan Embong Malang, Surabaya selalu buka tengah malam hingga pagi.

"Bukanya malam seiring dengan keluarnya 'setan', jadi ide pelanggan itu kita akomodir dan kita namakan rawon kita ini, Rawon Setan," ujar Jack sambil tersenyum.

Sedangkan nama "Mbak Endang" sendiri, menurut Jack diambilkan dari nama pemasak rawon ini sebagai penghormatan karena telah menghasilkan produk yang luar biasa enaknya dan cocok dengan cita rasa masyarakat.

Selain itu, Jack juga menambahkan unsur 'setan' lainnya terdapat di sambal yang pedasnya terasa luar biasa di lidah para penikmatnya. Namun dia juga menambahkan, rasa rawonnya tetap tidak pedas karena memang secara aslinya 'original black soup from East Java' ini tidak pedas.

Untuk harga, Jack mengungkapkan nominal per porsinya cukup terjangkau dengan kisaran Rp22,5 ribu hingga Rp36 ribu setiap paket dengan tambahan air teh berkemasan botol.

Sementara itu, alasan pembukaan outlet Rawon Setan di Batam, Jack mengatakan didasarkan pada banyaknya masyarakat asal Pulau Jawa yang berdiam di kota industri ini.

Untuk saat ini, lanjutnya, ada dua outlet yang sudah dibuka yakni di Ruko Jodoh Centre Blok C nomor 9, depan Hotel Novotel dan ruko di samping Hotel Puri Garden Nagoya. Untuk outlet yang berada di Jodoh akan buka dari pagi hingga pukul 24.00 WIB, sedangkan untuk outlet di Nagoya akan buka 24 jam penuh dengan juga menawarkan kenyamanan seperti tempat duduk maupun pemandangan berbagai foto artis yang terpajang di dinding ruangan.

"Kita ke depan akan buka outlet juga di kawasan Batam Center dan Pekanbaru menyusul 23 outlet lain yang telah beroperasi di seluruh Indonesia," kata Jack.

Jack juga menambahkan menu selain rawon yang menjadi andalannya adalah Soto Ayam khas Jawa Timur yang cita rasanya berbeda dengan soto-soto lainnya.

"Silakan, coba. Nikmatnya akan bikin Anda 'kesetanan'," pungkas Jack.