Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Paloh Minta Nasdem Prioritaskan Massa Mengambang
Oleh : Ocep
Sabtu | 22-10-2011 | 13:06 WIB

BATAM, batamtoday - Surya Paloh berharap agar seluruh jajaran pengurus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mampu memenangkan Pemilu 2014 dengan memrioritaskan para pemilih yang belum menjadi kader atau belum menjadi simpatisan dari partai politik lain (floating mass).

Ketua Umum Nasional Demokrat Surya Paloh mengatakan Partai Nasdem harus melakukan strategi politik yang lebih baik dari partai politik lain guna memenangkan Pemilihan Umum 2014.

"Survei terakhir menyatakan masyarakat yang ikut menggunakan haknya jika Pemilu dilaksaakan hari ini, hanya 37 persen pemilih. Artinya, sebagian masyarakat masih floating mass, belum menentukan pilihan, masih diawang-awang," ungkapnya di hadapan forum Rakerwil DPW Partai Nasdem Kepri di Batam tadi malam, Jumat (21/10/2011).

Dia mengatakan, saat ini kepercayaan masyarakat terhadap partai-partai politik  yang telah ada sudah sangat kritis.

"Sebagian besar masyarakat kehilangan harapan. Partai-partai gonjang-ganjing hampir semuanya," katanya.

Karena itu, kini adalah saat yang tepat bagi Partai Nasdem menjadi partai alternatif masyarakat untuk menyalurkan hak-hak politiknya.

Momen ini menurutnya harus dimanfaatkan oleh seluruh elemen Partai Nasdem dan semangat para pengurus dan kader Partai Nasdem tidak boleh sama dengan partai-partai lain.

"Kalau semangatnya sama itu berarti kalah, apalagi lebih rendah, kalah tidak terhormat. Jadi jalan keluarnya cuma satu, tidak boleh sama, tetapi lebih hebat," ujar Surya Paloh.

Untuk itu, lanjutnya, para pengurus Partai Nasdem harus selalu memberikan pemahaman strategi pemenangan Pemilu ke tingkat bawah dimana Nasdem harus memiliki insfrastruktur partai dari tingkat pusat sampai kelurahan.

Bahkan, menurutnya, Partai Nasdem juga harus mempersiapkan rekrutmen petugas-petugas di TPS.

"Infrastruktur partai ini wajib. Jangan ada daerah-daerah di Indonesia yang tidak ada pengurus Partai Nasdem. Satu desa saja yang tidak ada pengurus Partai Nasdem, berarti gagal," sambung Paloh.

Selanjutnya, baru jumlah keanggotaan. Paloh menegaskan bahwa sedikitnya Partai Nasdem harus memiliki anggota 25 persen dari jumlah pemilih.

"Semangatnya adalah semangat para kader yang mengusung perjuangan partai calon pemenang Pemilu. Kalau saudara-saudara memiliki keyakinan dan diwujudkan dalam langkah-langkah strategis secara konsisten, perolehan kursi terbanyak di DPR Insya Allah ada di Partai Nasdem," ujarnya.