Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hidup Sehat

Ketum PKK Pusat Ajak Masyarakat Biasakan Cuci Tangan
Oleh : Surya
Selasa | 18-10-2011 | 13:11 WIB

JAKARTA, batamtoday – Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Ny. Vita Gamawan Fauzi (istri Menteri Dalam Negeri), mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membiasakan hidup sehat dengan cara mencucui tangan dengan sabun lebih dulu sebelum melakukan berbagai aktivitas.

 

Ajakan tersebut disampaikan Ny Gamawan Fauzi  saat peringatakan Hari Cuci Tangan Sedunia (HCTS) ke-4 yang dipusatkan di Taman Kanak-kanak Angkasa, No. 8, Halim Perdana Kusuma, Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (17/10).

“Gerakan ini harus dimulai dari taman kanak-kanak karena mereka mudah meniru perbuatan yang baik-baik, termasuk membiasakan diri untuk cuci tangan lebih dulu sebelum beraktifitas, seperti makan, setelah buang air besar, mau ke sekolah dan sebagainya,” kata Ny. Vita kepada wartawan usai melakukan cuci tangan bersama pakai sabun dengan sejumlah anak TK di sekolah tersebut.

Menurut Ny. Mendagri ini, anak TK juga berani memprotes orang tua mereka bila melihat orangtuanya tidak cuci tangan lebih dahulu bila mau berakitivitas. “Hal inilah yang ingin kita tanamkan kepada anak-anak usia dini, sehingga kelak bisa memberikan pengaruh besar demi tercitanya gaya hidup bersih di kalangan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Gerakan cuci tangan yang dikooridnasikan oleh TP PKK Pusat bekerjasama dengan GOPTKI (Gerakan Organisasi Persatuan Taman Kanak-kanak Indonesia) dan Unilever itu dilaksanakan selama 21 hari sejak kemarin. Seluruh anak-anak TK di Indonesia, anak SD, SMP, SMA sampai masyarakat umum diminta untuk melakukan kegiatan tersebut secara ikhlas demi kebaikan diri sendiri yang pada gilirannya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Khusus untuk anak-anak, membiasakan pola hidup bersih itu sekaligu untuk mencegah berbagai wabah penyakit yang sering melanda anak-anak di seluruh dunia. “Penyakit diare justru sering mendera anak-anak karena hidup tidak bersih,” ujar Ketua Umum GOPTKI, Ny. Tarmizi dalam sambutannya.

Taman Kanak-kanak Angkasa 8, Halim PK, adalah taman kanak-kanak terbaik di Jakarta yang tahun ini mendapat kehormatan untuk tempat acara HCTS tersebut untuk tingkat nasional.

Ny. Gamawan nampak sangat ceria berada di tengah anak-anak TK yang lucu-lucu dan bersedia berlama-lama di tempat cuci tangan yang telah tersedia di TK ini untuk ikut membantu membasuh dan menyabuni tangan mereka. “Seperti cucu sendiri,” ujarnya