Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perlu Diketahui, Ini Kiat Menjaga Kesehatan Gigi
Oleh : Redaksi
Sabtu | 04-02-2017 | 10:56 WIB
Ilustrasi-kesehatan-gigi1.gif Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah langkah awal yang dapat dilakukan utnuk menghindari kerusakan dan sakit gigi, sekaligus menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya.

 

Mulut adalah saluran pertama masuknya asupan gizi dan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Jika kondisi mulut dan gigi tidak bersih maka bakteri yang terbentuk di dalam mulut juga dapat terbawa ke dalam tubuh dan menimbulkan berbagai risiko kesehatan yang tak diinginkan.

Banyak cara sederhana dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari.

1. Menyikat gigi dua kali sehari
Seperti pesan yang selalu disampaikan dokter gigi, sikatlah gigi dua kali sehari. Waktu yang paling disarankan untuk menyikat gigi adalah pagi hari setelah makan serta malam hari sebelum tidur. Tujuananya adalah mencegah terbentuknya plak pada gigi yang dapat menyebablan karies gigi, gigi berlubang, dan bau mulut.

Untuk memaksimalkan kebersihan gigi, kita dapat juga menyikat gigi sehabis makan agar tidak ada sisa makanan yang menempel di gigi. Rutin menyikat gigi juga meminimalisir terbentuknya kuman dan bakteri di dalam mulut dan menurunkan risiko bau mulut tak sedap.

2. Pemilihan pasta gigi
Menyikat gigi membutuhkan pasta gigi yang juga ampuh membersihkan gigi. Salah satunya dapat mencoba pasta gigi dengan kandungan bahan alami, misalnya daun sirih. Dalam riset ilmiah yang dijalankan Dr. Hasim DEA, Dosen Bio Kimia dan Toksikologi FMIPA dan Pascasarjana IPB, dibuktikan efektivitas minyak atsiri daun sirih dengan senyawa fluor yang biasa terdapat dalam produk pasta gigi lainnya. Hasilnya, pasta gigi daun sirih mengandung minyak atsiri dengan fenol dan kavikol yang diketahui memiliki aktifitas antibakteri tiga kali lebih efektif dibandingkan senyawa fluoride.

3. Menggunakan obat kumur
Untuk menyempurnakan perawatan gigi dan mulut, maksimalkan pula dengan penggunaan obat kumur. Selain bisa membasmi kuman dalam mulut, obat kumur juga menyegarkan mulut.

4. Mengkonsumsi makanan sehat
Kesehatan mulut dan gigi juga ditentukan oleh apa yang kita konsumsi sehari-hari. Karena itu, pilihlah makanan menyehatkan agar kesehatan tetap terjaga secara optimal dan maksimal. Pilihlah makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan terlalu manis atau terlalu asam sebaiknya dihindari karena berpotensi tinggi menyebabkan kerusakan pada gigi. Perbanyak konsumsi air putih agar kelembaban mulut tetap terjaga sehingga produksi liur tetap dalam kondisi normal.

5. Rutin ke dokter gigi
Meski perawatan gigi dan mulut giat dilakukan, kita tetap perlu memeriksakan gigi secara berkala. Waktu yang disarankan untuk mengunjungi dokter gigi setidaknya enam bulan sekali. Di sini kita dapat memantau kondisi mulut dan gigi agar terhindar dari berbagai risiko berbahaya sekaligus menjaga agar gigi tetap bersih dan sehat terjaga. Kondisi gigi dan mulut yang sehat membuat kita dapat menjalani hari dengan maksimal dan memancarkan senyum lebar kepada orang-orang di sekitar.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha