Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KIP Kepri Imbau Pemkab dan DPRD Bintan Kelola Keterbukaan Informasi Publik
Oleh : Ismail
Jum'at | 09-12-2016 | 16:27 WIB
kip-kepri1.jpg Honda-Batam

Sekretaris KIP Kepri, Irwandi, saat mengunjungi Kantor DPRD Bintan di kawasan Bintan Buyu.‎ (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Komisi Informasi Publik (KIP) Kepri mengimbau Pemerintah dan DPRD Kabupaten Bintan agar dapat menyediakan wadah keterbukaan informasi publik.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris KIP Kepri, Irwandi, saat mengunjungi Kantor DPRD Bintan di kawasan Bintan Buyu.‎

Menurutnya, salah satu cara yang bisa dimanfaatkan yakni dengan mengaktifkan website. Untuk itu, seharusnya setiap SKPD di Bintan wajib mengelola websitenya masing-masing agar masyarakt dapat dengan mudah mengetahui setiap informasi yang ada di pemerintah daerah.

Dengan begitu, pemerintah sudah melaksanakan undang-undang keterbukaan informasi publik.

"Jadi, SKPD itu bisa menyajikan data dan informasi penting untuk publik. Karena akses menuju perkantoran pemerintahan cukup jauh, sehingga masyarakat bisa mengaksesnya melalui internet, dan ini diharuskan," ungkapnya, Jumat (9/12/2016).

Irwandi menambahkan, jika sudah lembaga maupun badan pemerintahan sudah memanfaatkan sarana website sebagai bentuk keterbukaan informasi publik, langkah tersebut bisa dipertahankan dan dimaksimalkan.

Di samping mengevaluasi penerapan keterbukaan informasi publik, kata Irwandi, pihanya juga akan memberikan penghargaan kepada penyelenggara yang berhasil menjalankan amanat undang-undang keterbukaan publik.

"Bahkan kabar gembiranya lagi Pemerintah Kabupaten Bintan masuk dalam lima besar se-Kepri sebagai penyelenggara pemerintahan yang sangat terbuka terhadap segala informasi publik," ujar Irwandi.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Bintan Agusnawarman menuturkan, pihaknya sebagai salah satu lembaga sangat terbuka akan informasi publik. Hal-hal yang berkaitan dengan kinerja dan informasi selalu disampaikan kepada masyarakat melalui media masa dan media sosial lainnya.

"Kita sangat mengutamakan keterbukaan informasi publik, ini sudah komitmen kita," ucapnya. (*)

Editor: Dardani