Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekitar 180 Pengendara Tewas

Angka Kecelakaan di Kepri Meningkat
Oleh : Hendra/Ocep
Kamis | 29-09-2011 | 18:53 WIB

BATAM, batamtoday - Kepolisian Daerah Kepulauan Riau mencatat jumlah kasus kecelakaan lalu lintas di provinsi ini meningkat setiap tahun dimana korban terbesar dialami oleh para pengendara berusia muda.

Demikian antara lain disampaikan Kapolda Kepri Brigjen Pol Raden Budi Winarso saat memimpin apel besar masyarakat pecinta lalu lintas dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Polisi Lalu Lintas ke 56 di Mapolresta Batam tadi sore, Kamis (29/9/2011). Dalam sambutannya Kapolda Kepri meminta kepada segenap jajarannya untuk terus menjaga kemitraan dan memantapkan revitalitas pelaksanaan tugas Polantas guna mewujudkan keselamatan lalu lintas jalan dan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Jumlah kecelakaan lalu lintas di Kepri terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, dan korban terbesar adalah usia muda (produktif) lebih yang selalu ugal-ugalan di jalan raya," ujar Raden.

Raden menambahkan, dari data yang dihimpun Dirlantas Polda Kepri di tahun 2010 tercatat 257 kasus kecelakaan di Provinsi Kepri dengan korban tewas sebanyak 180 orang, 61 luka berat, 71 luka ringan dan kerugian materi yang ditimbulkan sebesar Rp933 juta. 70 % dari korban kecelakaan adalah usia muda.

Sedangkan di Batam telah terjadi 117 kasus kecelakaan lalu lintas dengan jumlah 82 korban tewas di tahun 2010. Angka itu terus mengalami peningkatan di tahun 2011 ini, hingga periode September saja telah tercatat 150 kasus kecelakaan dan menewaskan 82 orang yang mati sia-sia di jalan raya Batam.

"Kesadaran kita denga mematuhi dan mentaati peraturan berlalu lintas yang bisa menekan angka kecelakaan di jalan raya itu," pesan Kapolda.

Diakhir acara diadakan parade dan sosialisasi tertib berlalu lintas oleh anggota Polantas dan model Batam, atraksi Free Style dari sejumlah klub motor dan diakhiri dengan konvoi tertib berlalu lintas yang dikuti polisi dan para peserta keliling Kota Batam.

Acara itu sendiri merupakan upaya pihak kepolisian dalam terus mengkampanyekan program tertib berlalu lintas. Adapun apel yang dilaksanakan di halaman Mapolresta Barelang itu diikuti lebih dari ratusan peserta, antara lain Polri, Jasa Raharja, Dishub, Instansi Pemerintah dan pelajar serta klub-klub motor yang ada di Batam.