Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usung Semangat HUT RI Ke-71, Bupati Lingga Resmi Buka Pencetakan Sawah di Bukit Langkap
Oleh : CR7
Kamis | 18-08-2016 | 19:50 WIB
potong-tumpeng.jpg Honda-Batam

Potong tumpeng sebagai simboldibukanya percetakan sawah seluas 100 hektar di Lingga (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Di hari momentum kemerdekaan ke-71 RI yang mengusung semangat kerja nyata, Bupati Lingga, H Allias Wello SIP, resmi membuka pelaksanaan cetak sawah di Desa Bukit Langkap. Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Danramil Daik Lingga sekaligus salam komando dari Bupati Lingga H Alias Wello SIP

Dihadapan ratusan warga dan masyarakat Desa Bukit Langkap, mewakili TNI AD baik dari Mabes TNI dan Kodim 0315 Bintan, Danramil Daik Lingga, Kapten Herwan Sahputra mengatakan, rencana awal pencetakan sawah di Bukit Langkap adalah 350 hektar. Namun untuk tahap awal ini baru dilaksanakan seluas 100 hektar.

"Dengan pencetakan sawah tahap awal ini, diharapkan berhasil. Apabila berhasil maka kita akan buka hingga 1000 hektar," ujarnya Rabu (17/8/2016) dihadapan warga Desa Bukit Langkap.

Dikatakan, percetakan sawah seluas 100 Ha tersebut sebagai contoh untuk desa lain. Selain Desa Sei Besar yang telah panen baru-baru ini, potensi cetak sawah juga ada di Desa Panggak Darat.

"Pak Bupati sangat semangat. Saya melihat beliau, saya yang capek, saya bingung kapan beliau istrahat. Ini harus ditopang dengan bapak-bapak dan ibu-ibu untuk mensukseskan sawah kita nanti. Potensi daerah kita ini sangat berpotensi mengadakan penanaman," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Lingga, Rusli Ismail bersemangat dengan dimulainya percetakan sawah pada hari kemerdekaan RI Ke-71 tersebut.

"Bahwa dengan pemerintahan Bapak Bupati Alis Wello ini, tidak ada kata janji seperti dahulu. Insya Allah mulai hari ini tidak ada janji kosong lagi. Kalau bukan karena Pak Bupati, tidak mungkin kita tidak bisa cetak sawah, kalau Pak Bupati tidak sanggup, sawah ini tidak jadi. Karena Pak Bupati dan Pak Ady, hari ini kita jadi cetak sawah. Insya Allah, oleh karna itu, saya, Pak Bupati dan kawan-kawan lainnya sangat berharap, mari bekerja sama, mari lakukan dengan sebaiknya, ini tanggung jawab bersama," ajaknya.

Sementara itu, Bupati Lingga H Alias Wello SIP mengatakan, pencetakan sawah ini  dibuka dengan "Bismillah".

"Insya Allah, pada awal Okober ini sudah bisa langsung ditanam," ujarnya.

Secara simbolis, Awe menyerahkan potong tumpeng kepada Kapten Inf Herwan Syahputra. Potongan tumpeng  tersebut diserahkan Kapten Inf Herwan Syahputra kepada Awe dengan simbol salam komando. Setelah itu Awe menyerahkan kepada salah satu tokoh masyarakat Desa Bukit Langkap.

Pantauan di lapangan, setelah pembukaan cetak sawah secara simbolis di kantor Desa Bukit Langkap, Bupati Lingga H Alias Wello, didampingi Kapten Inf Herwan Syahputra, Plt Sekda Lingga Said Parman,  Asisten II Pemkab Lingga sekaligus Plt Kadis PU H Kasiman, turun langsung memantau areal cetak sawah.
Terlihat satu unit kobelko sudah berdiri di pinggir areal yang berkontur rawa-rawa, tidak jauh dari Jalan Raya Desa Bukit Langkap.

Editor: Udin