Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kuat Dugaan Dibunuh

Toke Ikan Ditemukan Membusuk di Rumahnya
Oleh : Charles/Dodo
Rabu | 07-09-2011 | 15:15 WIB
Tiong-Ki.gif Honda-Batam

Mayat Tiong Ki saat dievakuasi dari rumahnya, (Foto: Charles)

TANJUNGPINANG, batamtoday - Suasana gang Pabrik Garam di Sungai Jang Tanjungpinang tiba-tiba gempar setelah sesosok mayat laki-laki ditemukan membusuk di rumahnya pada Rabu (7/9/2011) sekitar pukul 10.15 WIB.

Mayat itu akhirnya diketahui bernama Tiong Ki alias Antoni (50), seorang toke ikan yang tinggal di RT03/RWIV Kelurahan Sungai Jang ini ditemukan dalam kondisi mengenaskan dengan tangan kaki terikat, kepala ditutup dengan kantong plastik serta dibekap dengan menggunakan karung sebanyak tiga lapis dan mulut dilakban lalu ditindih dengan bantal yang diikatkan di kepala di atas tempat tidurnya.

Mayat Tiong Ki ditemukan pertama kali oleh Asiu (30), tetangganya yang merasa curiga dengan adanya bau busuk menyengat dari rumah itu. Bersama dengan kerabatnya, Asiu mencoba mencari sumber bau dan mendapati Tiong Ki telah membusuk dengan posisi terlentang.

Asiu mengaku terakhir bertemu dengan Tiong Ki pada sehari sebelum hari raya Idul Fitri.

"Saya kemudian pergi ke Singapura dan baru pulang sekitar dua hari lalu," kata Asiu.

Saat pulang ke rumah dari Singapura, Asiu sedikit curiga dengan kondisi rumah Tiong Ki yang nyaris tak ada perbedaan pada saat dirinya hendak berangkat ke negeri jiran itu. Kecurigaan itu terjawab dengan ditemukannya Tiong Ki dalam kondisi mengenaskan.

Kasatreskrim Polresta Tanjungpinang, AKP Arif Budi Purnomo kepada batamtoday di lokasi penemuan mayat mengatakan diduga kuat kematian Tiong Ki lantaran dibunuh.

"Melihat kondisi mayat yang seperti itu, kuat dugaan korban dibunuh," kata Arif.

Usai melakukan olah TKP, mayat penjual ikan pari dan peternak lele itu langsung dievakuasi ke RSUD Tanjungpinang untuk diotopsi.