Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Atasi Tumpukan Sampah Seluruh Batam

DKP Hanya Kerahkan 49 Unit Armada
Oleh : Roni Ginting / Magid
Rabu | 07-09-2011 | 09:14 WIB

BATAM, batamtoday - Akibat keterbatasan anggaran untuk pengangkutan sampah yang berakhir pada 31 Agustus lalu, maka pengangkutan serta landfill di tempat pembuangan akhir (TPA) Punggur akan dilakukan secara swakelola hingga akhir Desember 2011 mendatang. Total armada yang disiapkan untuk mengkover pengangkutan sampah batam sekitar 49 unit, beberapa diantaranya berasal dari sumbangan suka rela.

Demikian disampaikan kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, Azwan, saat menggelar apel dadakan menyikapi sorotan publik Batam yang merasa gerah dengan persoalan sampah.

"Pengangkutan dilaksanakan secara swakelola sampai ditetapkan pemenang lelangnya karena tidak ada pihak ketiga untuk pengangkutan dan Landfill di TPA Punggur," ujarnya.

Pengangkutan sampah akan menggunakan 16 armada dari DKP sendiri, 24 unit armada yang telah disewa oleh Pemko Batam, serta 9 armada dari bantuan sukarela.

"Total armada kita ada 49 unit yang akan mengangkut sampah tersebut diseluruh Batam," terang Azwan.

Dengan jumlah armada tersebut, maka setiap harinya bisa mengangkat sampah hingga 400 ton. Sehingga dalam tiga hari ini pengangkutan sampah akan kembali normal lagi.

"Tiga hari kedepan pengangkutan sampah sudah kembali normal terangkat sebanyak 60 persen dari jumlah sampah kota Batam rata-rata antara 700 ton sampai 100 ton per hari, masyarakat tidak usah kuatir," tuturnya.