Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Piala Super Eropa 2011

Kalahkan Porto, Barca Kembali Jadi Raja Eropa
Oleh : Dodo
Sabtu | 27-08-2011 | 11:21 WIB
Fabregas.jpg Honda-Batam

Gelandang Barcelona, Cesc Fabregas usai membobol gawang Porto dalam perebutan Piala Super Eropa. (Foto: Getty Images)

MONACO, batamtoday - Barcelona kembali membuktikan diri sebagai tim terbaik di Eropa saat ini setelah mengalahkan FC Porto 2-0 dalam laga perebutan Piala Super Eropa di Monaco, Sabtu, 27 Agustus 2011 dini hari WIB.

Bolanews menyebut pertemuan antara juara Liga Champion dan Liga Europa merupakan ajang pengukuhan juara sejati tahun 2011. Melakoni pertandingan ini El Barca turun dengan kekuatan terbaiknya, sedangkan Porto tidak lagi di perkuat penyerang terbaik dan pelatih yang membawa tim itu sukses musim lalu di pentas Eropa, Radamel Falcao dan Andre Villas-Boas.

Kendati demikian, juara Liga Portugal itu mampu menyulitkan kekuatan besar Barca pada awal babak pertama. Lebih dari separuh babak pertama kedua tim memperlihatkan permainan saling serang serta menciptakan beberapa peluang bagus.

Namun, kesalahan fatal pemain Porto, Fredy Guarin pada menit ke-39 menyebabkan malapetaka. Ya, back-pass pemain itu justru jatuh di kaki Lionel Messi yang berdiri bebas di depan kiper Da Silva Arruda Helton. Dengan yakin Messi berhasil mengelabuhi kiper itu dan menceploskan bola ke dalam gawang Porto. Alhasil, skor pun berubah menjadi 1-0 dan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua Portistas kembali bisa mengimbangi permainan pasukan Messi cs. dengan menciptakan sejumlah peluang berbahaya. Di paruh kedua ini Pep Guardiola melakukan tiga pergantian pemain dengan memasukkan Alexis Sanchez, Sergio Busquets, dan Cesc Fabregas.

Tujuh menit begitu mantan kapten Arsenal yang begitu dahaga akan gelar itu masuk, Barca akhirnya menggandakan kemenangan pada menit ke-87. Gol yang mengubah kedudukan menjadi 2-0 tersebut berawal dari umpan cantik Messi.

Diusirnya dua pemain Porto karena mendapat kartu merah beberapa saat sebelum pertandingan berakhir membuat tim tersebut harus mengakui kemenangan Barca. Dua pemain itu adalah Jorge Pires dan Fonseca Ronaldo dan Fredy Guarin.

Susunan pemain:

Barcelona: Victor Valdes; Dani Alves, Javier Mascherano, Eric Abidal, Adriano; Xavi Andres Iniesta Seydou Keita; Pedro (Cesc Fabregas 79), Lionel Messi, David Villa (Alexis Sanchez 60)
Cadangan: Olazabel Oier, Cesc Fabregas, Alexis Sanchez, Thiago Alcantara, Sergio Busquets, Andreu Fontas, Jonathan Dos Santos.

FC Porto: Da Silva Arruda Helton; Cristian Sapunaru, Jorge Pires da Fonseca Rolando, Nicolás Otamendi, Jorge Ciro Perdomo Fucile; Josef Dias Souza (Francisco Reges Fernando 77); Fredy Guarin, Joao Moutinho; Givaldinho Hulk, Pinheiro Kleber (Fernando Belluschi 77), Cristian Rodriguez (Silvestre Varela 60)
Cadangan: Rafael Bracali, Roque Maicon, Fernando Daniel Belluschi, Silvestre Manuel Goncalves Varela, Campos Braume Manuel Abel Djalma, Francisco Reges Fernando, Steven Defour.