Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pawai Ogoh-ogoh Semarakkan Perayaan Nyepi di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 08-03-2016 | 15:21 WIB
ogoh-ogoh-2016.jpg Honda-Batam
Pendeta Pura Agung Bhuana Batam, Gromangku Putu Satriayasa menunjukkan dua Ogoh-ogoh yang akan diarak dalam perayaan Nyepi di Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pawai Ogoh-ogoh akan menyemarakkan perayaan Nyepi umat Hindu di Batam yang akan dirayakan pada Rabu (9/3/2016) besok.

Pendeta Pura Agung Bhuana Batam, Gromangku Putu Satriayasa mengatakan dua Ogoh-ogoh akan dibawa dalam arak-arakan tersebut. Keduanya bermakna matinya Adharma (kejahatan) oleh Dharma (kebaikan).

"Kita lagi mempersiapkan semua hal dalam peryaan nanti malam, termasuk dua Ogoh-ogoh untuk perayaan Nyepi," ujar Satriayasa, Selasa (8/3/2016).

Menurutnya, filosofi tentang Ogoh-ogoh adalah perwujudan dari Butha Kala artinya segala sesuatu yang bersifat tidak baik karena itu wujud dari Ogoh-ogoh yang dibuat selalu berbentuk menyeramkan.

"Setelah diarak, dari Pura Agung Bhuana menuju lampu merah UIB dan balik lagi akan dibakar. Itu simbol dari pelaburan butha atau segala hal yang bersifat buruk itu dibakar," ujarnya.

Pembuatan Ogoh-ogoh ini, butuh memakan waktu selama satu bulan. Bahan-bahan yang digunakan adalah bambu, ban dalam bekas, kawat, spon, kain dan kemudian dicat.

"Besok arak-arakan dimulai dari pukul 15.00 WIB hingga malam. Semoga pelaksanaanya berjalan dengan lancar," pungkasnya.

Editor: Dodo