Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sambut Gerhana Matahari, Masyarakat Anambas Lakukan Shalat Khusuf Al Syamsi
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 08-03-2016 | 10:36 WIB
IMG_20160307_105022.jpg Honda-Batam
Spanduk ajakan sholat khusuf al syamsi di sebuah masjid di Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Gerhana matahari total disambut masyarakat Kabupaten Anambas dan pejabat Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas dengan mengadakan shalat khusuf al syamsi (gerhana matahari). Pelaksanaan shalat tersebut dilakukan di Masjid Jamak Baiturrahim Tarempa, Rabu (9/3/2016) pukul 06:30.

Salah satu tokoh agama Islam, Agus mengatakan, gerhana matahari tersebut membutuhkan proses yang lama, alangkah baiknya disambut dengan berdo'a.

"Kita berharap diberi kecerahan, baik di masyarakat maupun dalam diri kita masing-masing. Gerhana matahari ini kan lama prosesnya, sungguh baik kita sambut dengan berdoa. Semoga cuaca makin cerah, agar transportasi laut tidak terhambat, jadi masyarakat tidak kesulitan," katanya, Senin (7/3/2016).

Sementara itu, konfirmasi dari prakirawan BMKG stasiun metereologi Fanny Satyawan, Tarempa mengatakan, fenomena gerhana matahari dapat terlihat di Anambas. Namun tidak dapat tertutup secara total,karena daerah Kepri bukan jalur lintasan gerhana matahari. Jalur gerhana total tersebut berada di daerah Pulau Sumatera seperti Palembang, Bangka, ada juga di Sulawesi hingga Ternate.

"Gerhana matahari di daerah kita ini persial bukan seperti daerah lain gerhana matahari total. Untuk Tarempa tertutupnya 80-90 persen, karena bukan lintasan gerhana matahari total," jelasnya.

Diperkirakan, gerhana matahari dapat terlihat Rabu (9/3/2016) sekitar pukul 06:20 hingga 08:40. Puncak fenomena tersebut berkisar pukul 07:30 di Anambas. Kondisi cuaca diperkirakan cerah berawan saat fenomena berlangsung.

"Kalau mau melihat fenomena itu, disarankan antara pukul tujuh hingga jam delapan, tertutupnya  perlahan. Untuk gerhana matahari total ini 350 tahun sekali di tempat atau di jalur lintasan yang sama," tegasnya.

Editor: Dardani