Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kampung Monos Karimun Terancam Lenyap
Oleh : Nursali
Rabu | 10-02-2016 | 08:12 WIB
20160209_124844.jpg Honda-Batam
Kampung Monos yang terancam lenyap. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kampung Monos, Teluk Lekup Desa Pongkar Kecamatan Tebing, terancam hilang dari peta Kabupaten Karimun. Pasalnya, kampung ini berada persis di bibir pantai itu terus menerus tergerus oleh abrasi ombak.

Terbukti, pada Minggu (7/2/2016) sekitar pukul 09.00 WIB lalu, sebagian bibir laut longsor akibat terjangan ombak. "Kurang lebih 24 meter yang longsor," ungkap Ketua RW 04 Desa Teluk Lekup Kecamatan Pongkar yang biasa disapa, Jas, kepada BATAMTODAY.COM di Kampung tersebut. Selasa (9/2/2016).

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun dua rumah yang berada di bibir pantai kehilangan akses, karna jembatan yang menghubung antara rumah tersebut dengan daratan, terputus akibat abrasi.

"Batu miring yang ada juga ambruk, padahal batu miring ini buatan warga yang kami kerjakan secara bergotong royong," tambah Jas.

Jas berharap, pemerintah setempat segera memberikan solusi terhadap kampung yang terbilang mempunyai catatan sejarah penting bagi Kabupaten Karimun. 

"Kami sangat mengharapkan di sini dipasang batu miring seperti yang berada di Coastal Area itu, biar kokoh. Kalau seperti ini lagi kami khawatir tak mampu bertahan lama," pungkasnya.

Editor: Dardani