Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dermaga Basarnas di Batam Resmi Beroperasi
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 20-04-2015 | 13:20 WIB
dermaga-basarnas.jpg Honda-Batam
Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Muda TNI F.H.B Soelistyo, meresmikan dermaga utama Basarnas untuk kawasan Indonesia Barat yang terletak di Sekupang, Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Muda TNI F.H.B Soelistyo, meresmikan dermaga utama Basarnas untuk kawasan Indonesia Barat yang terletak di Sekupang, Batam, Senin (20/4/2015). 

Dermaga tersebut merupakan dermaga pertama yang dimiliki Basarnas dan terletak diantara dua dermaga Pelabuhan Beton Sekupang (PBS) dan Pelabuhan Feri Internasional. 

"Kita harapkan peresmian dermaga utama wilayah Barat di Batam berfungsi sebagai membantu penyelamatan yang terjadi. Khususnya Kepri yang langsung berbatasan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia," ujar Soelistyo, dalam sambutannya.

Soelistyo menyatakan keberadaan dermaga ini diharapkan dapat mengoptimalkan operasional kapal yang dimiliki Basarnas, dengan demikian respons time terhadap informasi marabahaya di laut dapat dipersingkat.

Nantinya di dermaga ini akan sandar Kapal Negara (KN) SAR Purworejo yang telah berperan besar selama operasi SAR kecelakaan pesawat Air Asia QZ 8501 beberapa waktu lalu. 

"Mudah-mudahan dengan adanya dermaga wilayah Barat ini bisa meminimalisir korban jiwa yang ada sehingga penyelamatan akan lebih cepat dilakukan," ujarnya.

Editor: Dodo