Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanjungpinang Segera Miliki Dermaga Yacht
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 20-04-2015 | 09:44 WIB
guntur_baru.jpg Honda-Batam
Kepala Dispar Kepri, Guntur Sakti.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kota Tanjungpinang akan segera mempunyai dermaga untuk titik labuh wisata kapal pesiar (yacht) bertaraf internasional. Hal tersebut dicanangkan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyusul rencana Kementerian Pariwisata‎ melalui ditjen pengembangan destinasi pariwisata akan melakukan pembangunan kawasan wisata maritim berupa ‎pembangunan empat dermaga di Indonesia.

Keempat dermaga tersebut rencananya akan dibangun di Kabupaten Belitung untuk Provinsi Bangka Belitung‎, di Kupang untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Maluku Tenggara Barat untuk Maluku dan di Kota Tanjungpinang untuk Kepri.

"Kenapa memilih Tanjungpinang karena untuk mengakselerasi pembangunan di sana. Di Batam kan sudah punya satu dermaga yacht yang berskala internasional di Nongsa Point Marina, Bintan juga sudah memiliki satu dermaga yacht. Jadi kita tempatkan yang belum ada," kata Kepala Dispar Kepri, Guntur Sakti, belum lama ini di Batam

Saat ini, pihaknya ‎sedang merencanakan usulan lokasi pembangunan dermaga titik labuh yacht di Tanjungpinang.  Ada enam lokasi yang sudah disiapkan yakni di Tanjung Geliga, Senggarang Besar, Sei Carang, Kawasan Pelabuhan Internasional Dompak, Tanjung Setumu dan Pulau Terkulai.

Mengenai anggaran pembangunannya ia katakan akan diserahkan langsung ke daerah yang bersangkutan. Namun untuk sekarang menurutnya belum ada keputusan, karena kementerian sekarang juga dalam proses finasilisasi APBN-P

Editor: Dodo