Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terperangkap Alat Tangkap Ikan, Seekor Buaya Ditangkap Warga Pengujan
Oleh : Harjo
Sabtu | 18-04-2015 | 15:37 WIB
buaya-pengujan.jpg Honda-Batam
Buaya yang ditangkap menjadi tontonan warga Pengujan.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Warga Pulau Pengujan, Kecamatan Telukbintan, berhasil menangkap buaya sepanjang 1,5 meter yang terjebak dalam kelong ikan miliknya, Jum'at (17/4/2015) sore.

Abidin yang berhasil menangkap seekor buaya tersebut, mengatakan ditangkapnya reptil seberat 25 kilogram itu karena terperangkap di dalam alat tangkap ikannya atau kelong cacak miliknya.

"Saya sempat kaget melihat dalam kelong ada seekor buaya. Karena sudah terperangkap langsung saya bawa ke rumah dan awalnya akan dipelihara. Namun tidak lama sampai di rumah, justru buaya tersebut jadi tontonan warga," ungkap Abidin.

Sementara itu, Martin Dalimunthe, warga Pengujan mengatakan, buaya yang terperangkap dalam kelong nelayan tersebut diperkirakan berasal dari sungai mangrove. Kemungkinan, buaya tersebut, terjebak pada waktu sungai surut karena jarak dari sungai ke kelong ikan milik nelayan hanya sekitar 1 kilometer.

"Tertangkapnya buaya oleh warga, baru satu kali ini terjadi dalam belasan tahun terakhir. Kalau jaman dulu memang pernah ada, namun biasanya dilepas kembali ke habitatnya," sebutnya.

Tangkapan buaya ini sudah dilaporkan ke pemerintah setempat. Rencananya pemerintah buaya tersebut akan dikirimkan ke Mini Zoo yang berada Kijang, Kecamatan Bintan Timur. 

Editor: Dodo