Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dikawal Ketat Polisi, Ratusan Warga Binaan di Rutan Baloi Dipindahkan
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 18-04-2015 | 13:44 WIB
tahanan-pindah.jpg Honda-Batam
Sejumlah tahanan yang dipindahkan dari Rutan Baloi ke bangunan baru di kawasan Tembesi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 561 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A di Baloi, dipindahkan ke gedung barunya di Tembesi, Jalan Trans Barelang, tepat di belakang Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Barelang, Sabtu (18/4/2015) pagi.

Pantauan di Rutan Baloi, pemindahan yang dilakukan sejak pukul 08.00 WIB tersebut, dikawal ketat sekitar 289 personil kepolisian bersenjata lengkap dari Sabhara Polda Kepri dan Polresta Barelang serta Brimob Polda Kepri.

Pemindahan tersebut selesai dilakukan pukul 12.00 WIB, yang dibagi menjadi empat kelompok masih terus berlanjut.

Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Batam, Irhamudin, mengatakan, pemindahan warga binaan maupun narapidana ke gedung baru tersebut ditujukan agar pembinaan yang dilakukan lebih efektif.

Pasalnya, melihat warga binaan yang jumlahnya melebihi kapasitas gedung yang lama. "Kita khawatir jika tidak secepatnya dilindahkan, terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tahanan kabur dan lain sebagainya," kata Irham, Sabtu (18/4/2015).

Untuk kondisi fisik gedung baru Rutan lanjutnya, pembanunan yang dilakukan sudah mencapai 95 persen, sehingga sudah bisa ditempati. "Sebenarnya sudah rampung semua, tapi untuk lima persennya kita gunakan untuk evaluasi," tambahnya.

Sementara untuk gedung yang lama ini, nantinya akan difungsikan sebagai Lembaga Permasyarakat (Lapas) untuk anak-anak. Untuk tahanan wanita, rencananya juga akan dipindah

"Tapi sebelum ditempati untuk anak-anak, akan dilakukan lebih dahulu renovasi sekitar dua bulan. Jika sudah selesai, nanti anak-anak langsung dipindahkan," tuturnya.

Untuk warga binaan maupun narapidana yang saat ini berada di rutan sebanyak 592 orang, dan semuanya akan dipindahkan ke gedung yang baru.

Kasat Brimob Polda Kepri, Komisaris Besar Tory Kristianto, di Mapolresta Barelang, mengatakan, dari Brimob sendiri menerjunkan sebanyak 200 personil. Sementara sisanya gabungan dari Sabhara Polda Kepri dan Polresta Barelang.

"Dari 592 tahanan, yang kita pindahkan tadi sebanyak 561 orang. Sisanya difungsikan untuk membersihkan gedung lama dan ada yang sudah berada di gedung baru untuk memasak makanan," kata Tory.

Untuk pengaturan lalu lintas, juga diterjunkan dari Sat Lantas Polresta Barelang.

Editor: Dodo