Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasar Penuba di Lingga Bakal Direhab Lewat Program 'Lima Ribu Pasar' Jokowi - JK
Oleh : Nurjali
Sabtu | 18-04-2015 | 09:26 WIB
pasar_penuba.jpg Honda-Batam
Salah satu pasar di Dabosingkep yang akan direhab. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga, yang selama ini lebih dikenal dengan Pulau Penuba, pada tahun ini akan mendapatkan kucuran dana dari APBN melalui progam "Lima Ribu Pasar" seperti yang dijanjikan oleh pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

"Kalau tidak ada halangan, tahun ini kita akan membangun pasar di Desa Penuba, Kecamatan Selayar, melalui program lima ribu pasar yang dijanjikan Jokowi-JK melalui Kementerian Perdagangan," Kata Moh Najib, Kabid Perdagangan, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperidagkop) Kabupaten Lingga, kemarin.

Dijelaskan, pembangunan pasar rakyat tradisional di Desa Penuba ini telah melalui survei sebelumnya oleh Disperindagkop untuk memastikan pasar yang akan dibangun nantinya benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Dari sembilan Kecamatan yang kita survei, kita dapatkan pasar di Penuba untuk dibangun. Hal ini melalui berbagi pertimbangan, salah satunya adalah pengguna pasar. Karena, dari beberapa lokasi pasar di Kabupaten Lingga, pasar Penuba cukup ramai dikunjungi selain pasar Dabosingkep," jelasnya.

Hasil survei itu pun sudah dilaporkan ke Kementerian Perdagangan dan setelah diproses akhirnya kabar baik tersebut diterima oleh Disperindagkop Lingga. Anggaran yang akan dikucurkan untuk pembangunan pasar tradisional ini sebesar Rp1,8 miliar.

"Sekarang beberapa persiapan lahan dan lainnya sudah kita terima dari pemerintahan kecamatan setempat. Lahan pasar tersebut merupakan hibah dari pasar lama yang sudah dibangun sebelumnya," terang Najib.

Semua proses mulai dari tahap pelelangan dan lainnya akan ditangani oleh Disperindagkop Kabupaten Lingga karena anggaran tersebut akan ditransfer ke rekening daerah. Dengan akan dibangunnya pasar di Penuba, maka tahun ini Kabupaten Lingga memiliki dua pasar yang akan dibangun melalui dana pemerintah.

"Jadi genapnya kita punya dua pasar yang akan dibangun, satu dari (bantuan) provinsi di Pasar Dabo sebesar Rp5 milair dan satunya lagi dari APBN untuk pasar di Penuba Kecamatan Selayar. Untuk pasar Penuba ini menurut kepala dinas, anggarannya sudah ditransfer ke rekening daerah. Sekarang tinggal tahap pencairan," jelas Najib. (*)

Editor: Roelan